Momentum Hari Santri, Kakankemenag Kota Semarang Ajak Hargai Perbedaan  

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang mengajak kepada masyarakat untuk menghargai dan menghormati perbedaan. Hal itu diungkapkan pada saat memberikan sambutan dalam kegiatan peringatan Hari Santri Nasional, Sabtu (22/10/2022) di Kecamatan Pedurungan kota Semarang.

“Dalam rangka melanjutkan perjuangan para ulama untuk menjaga NKRI ini, seluruh lapisan masyarakat harus turut serta untuk menjaga dan saling menghargai serta menghormati segala perbedaan, karena negara Indonesia sendiri berdiri dengan berbagai perbedaan, baik beda suku, bangsa, agama, maupun adat istiadatnya, namun demikian walaupun berbeda kita harus tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan seperti semboyan bangsa kita Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Menurutnya, hanya dengan persatuan itulah negara Indonesia akan tetap berdiri kokoh dan jaya. “Maka untuk itu, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KKM MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari yang telah mengadakan peringatan Hari Santri Nasional di tahun ini. Semoga dengan kegiatan ini, dapat memupuk tali persatuan dan kesatuan diantara warga negara Indonesia,” ungkapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KKM MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari itu dihadiri pula oleh pejabat struktural di lingkungan Kemenag Kota Semarang dan kecamatan setempat.

Sementara itu, Slamet Agus Wahid selaku Ketua KKM Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari mengatakan, kegiatan peringatan Hari Santri Nasional merupakan program kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh KKM MI yang dipimpinnya. “Sejak tahun 2018, KKM MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari menggelar secara rutin peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Ada berbagai kegiatan kami lakukan seperti, mujahadah, pembacaan Alquran 30 juz, khotmil quran, pembacaan maulid, upacara, bahkan juga kegiatan sowan ulama, dan mengenal lebih dekat lingkungan pondok pesantren. Untuk tahun ini, dalam rangka memperingai HSN 2022, kami adakan kegiatan karnaval,” terangnya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kankemenag Kota Semarang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan peringatan HSN 2022. “Alhamdulillah karnaval Hari Santri Nasional 2022 berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus KKM MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari yang mempunyai inisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Moch. Fatkhuronji Kasi Dikmad Kankemenag Kota Semarang.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren), yang menyampaikan apresiasinya pula kepada KKMI MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari akan gelaran karnaval peringatan HSN 2022.(SAW/NBA/bd)