Kakankemenag Kota Semarang Lepas Peserta Karnaval Hari Santri Nasional 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) MI Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari mengadakan kegiatan peringatan Hari Santri Nasional pada Sabtu (22/10/2022). Peringatan tahun ini, dikemas dengan kegiatan karnaval, yang diikuti oleh sekitar 2000 santri, yang terdiri dari siswa-siswi dari 14 MI se-Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari.

Kegiatan karnaval dilepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Mukhlis Abdillah yang ditandai dengan pelepasan balon. Sebelum melepas balon, Kepala Kankemenag Kota Semarang menyemangati peserta kegiatan dengan meneriakkan yel-yel Santri Indonesia.

“Siapa kita,” pekik Mukhlis Abdillah.

“Santri Indonesia. NKRI harga matri. Pancasila jaya,” teriak peserta kegiatan tak kalah lantang dengan pekikan Kakankemenag Kota Semarang.

Pelepasan tersebut disaksikan pula oleh Camat Pedurungan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad), Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) Kankemenag Kota Semarang, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Rois Syuriyah MWCNU Kecamatan Pedurungan, dan Lurah Muktiharjo Kidul.

Karnaval tersebut mengambil star dari MI Kalimatullah Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan, dan berakhir di MI Darus’saadah Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan.

Ketua Panitia Karnaval peringatan Hari Santri Nasional 2022, Nur Choliq mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya gelaran karnaval. “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan sangat meriah. Hal ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, baik itu Kementerian Agama, pengawas, Kepala Madrasah, pimpinan wilayah setempat, maupun guru dan siswa bahkan warga sekitar yang ikut membantu kegiatan ini,” ujarnya.

“Kami selaku panitia sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang sangat antusias, tidak hanya membantu tetapi juga mnegikuti karnaval,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Bisyri selaku pengawas madrasah setempat mengatakan, peringatan Hari Santri sangat bermanfaat, karena mengajarkan kepada peserta didik untuk memupuk rasa kebersamaan. Menurutnya, kegiatan karnaval juga bisa dijadikan ajang promosi bagi MI di Wilayah Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari.(SAW/NBA/bd)