Monitoring Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Tahun Pelajaran 2022/2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Memasuki bulan Mei 2023 di sekolah umum mulai melaksanakan Ujian Sekolah tertulis atau dalam Permen disebut asesmen sumatif akhir jenjang. Kasi Pendidikan Agama Islam, Hj. Haryatinignsih didampingi pengawas PAI dan staff PAIS melaksanakan monitoring dan evaluasi Penilaian Sumatif Ahir Jenjang (PSAJ) atau biasa disebut Ujian Akhir Sekolah bidang Pendidikan Agama Islam, bertempat di SMP Negeri 1 Temanggung, Senin (8/5).

Ujian sekolah tulis tingkat SD dimulai Rabu, 3 Mei s.d 10 Mei 2023, SMP mulai tanggal 8 Mei s.d 13 Mei 2023, sedang tingkat SMA/SMK sudah dilaksanakan sebelumnya. Mata pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaran tulis disekolah.

Dari hasil pantauan, ujian berjalan dengan baik, kondusif, tenang dan lancar. Peserta ujian sekolah semuanya hadir tidak ada yang sakit ataupun berhalangan.

“Kita berharap semoga ujian sekolah ini berjalan dengan lancar sampai hari terakhir dengan hasil yang baik dan lancar sehingga sukses perencanaan,sukses pelaksanaan dan sukses hasil,” tandasnya.

Lebih lanjut monev ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peserta didik bisa menerapkan apa yang telah dipelajari.

“Pelaksanaan ujian ini bukan hanya sekedar seremonial penilaian, namun juga perlu mengevaluasi aspek kognitif, afektif dan psikomotrik siswa. Pada ahirnya bisa dijadikan sebagai evaluasi tindak lanjut pada pembelajaran PAI bagi guru dan sekolah secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Secara umum pelaksanaan PSAJ Mapel PAI dapat berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kendala yang berarti dan semua peserta tetap duduk ditempat duduk yang dibuat berjarak. Beliau berharap seluruh siswa dapat menyelesaikan ujian dan lulus dengan memiliki pengamalan nilai-nilai agama dan budi pekerti.(km/rf)