MTs Ma’arif NU 01 Susukan Membumikan Al-Quran Lewat Program Tahfid

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Ma’arif NU 01 Susukan (Matsaka), menggelar rapat pengarahan program tahfidz sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas para siswanya. Rapat tersebut mengundang seluruh wali santri kelas tahfidz yang dipusatkan di aula utama MTs Ma’arif NU 01 Susukan. Kamis, 26 Januari 2023.

Kepala MTs Ma’arif NU 01 Susukan Muhammad Nur Imam Fathoni, menerangkan bahwa Tahfidz Al-Qur’an merupakan program unggulan di sekolah ini yang diminati masyarakat.

“Mengikuti program tahfidz menambah keberkahan dan prestasi siswa akan meningkat baik akademik maupun non akademik” terangnya.

Selain itu, salah satu tim program tahfidz MTs Ma’arif NU 01 Susukan, Ustad Abdul Fatah Al Hafidz dan Kyai M. Isro menerangkan, metode yang sudah diterapkan di MTs Ma’arif NU 01 Susukan adalah metode baca berulang kali sampai 20 kali setiap ayatnya.

“Banyak metode yang pernah dicoba, metode ini yang telah menghantarkan MTs Ma’arif NU 01 Susukan mencapai hampir 100 % siswa tahfidz minimal 2 juz dalam kurun 1 semester. Dengan metode yang disampaikan tentu tidak lepas dari dukungan orang tua,” urai Ustad Fatah.

“Saya pikir kerja sama dengan orang tua sangat penting. Tidak menutup kemungkinan harus bahu membahu menyemangati siswa untuk selalu membaca Al Qur’an, wali santri diharap bisa bersinergi bersama madrasah untuk mensukseskan program unggulan ini.” tambahnya.

Kurikulum tahfidz yang diajarkan setiap semester 1 juz, sehingga sampai semester 1 kelas 9 ditarget sudah hafal 5 juz. Dalam acara ini disampaikan capaian hafalan dari setiap santri tahfidz dengan jumlah 32 santri kelas tahfidz yang mana di semester ini ditarget hafal juz 29. Bahkan di awal semester ini ada yang hampir selesai target.

Rapat koordinasi tersebut juga dibahas tentang kesepakatan wali santri dan tim tahfidz Matsaka untuk mengadakan pembuatan jas almamater khusus santri tahfidz sesuai harapan para santri, juga dalam rangka menambah semangat santri dan syiar madrasah. Nantinya di setiap acara  akhirusanah para santri akan mengikuti khataman atau wisuda tahfidz sebagai apresiasi untuk para santri dan sebagai bentuk syukur kepada Alloh Swt.

Kepala MTs Ma’arif NU 01 Susukan, Muhammad Nur Imam Fathoni, mendukung penuh kegiatan ini. Beliau juga berpesan kepada santri tahfidz untuk semangat membumikan hafalan Al-Qur’an di Matsaka.

“Acara sosialisasi seperti ini sangat bagus, bisa menambah wawasan wali siswa dan guru dalam memaksimalkan program unggulan ini,”ujarnya. (tys/nth/rf)