MTs. N 1 Pekalongan Lakukan Uji Kompetensi Bagi Peserta Didik Baru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs N 1 Pekalongan menggelar ujian kompetensi bagi peserta didik baru tahun Pelajaran 2022/2023. Ujian ini dilakukan dalam rangka mengetahui kemampuan awal peserta didik baru. Acara digelar di Madrasah pada hari Selasa (12/7/2022) diikuti oleh 253 peserta didik baru yang telah diterima di PPDB. Dengan penuh antusias siswa diantar oleh orang tua menuju ruang kelas masing-masing.

Emi Shofana, selaku Ketua PPDB menegaskan ujian kompetensi sangat perlu dilaksanakan bagi MTs N 1 Pekalongan sebagai bahan untuk mengetahui potensi awal setiap peserta didik. Sebab, setiap calon peserta didik punya potensi dan bakatnya masing-masing.

“Berdasarkan hal tersebut, maka kami harus melaksanakan uji kompetensi agar dapat mengukur kemampuan siswa, pengembangan bakat serta target pembelajaran di MTs Negeri 1 Pekalongan dengan kondisi awal peserta didik,” ujar guru pengampu mapel IPA ini.

“Kegiatan ujian ini diharapkan selain untuk mengetahui kemampuan awal calon peserta didik, juga bertujuan untuk calon peserta didik baru bisa melihat dan mengenal lingkungan tempat mereka akan belajar selama tiga tahun depannya.” tutur Emi.

Peserta didik baru didampingi orang tua dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengikuti kegiatan uji kompetensi dalam rangka mengetahui kemampuan dalam menyelesaikan uji Mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan Agama. Selanjutnya peserta didik mengkuti sesi uji kompetensi Baca Al Qur’an untuk mengukur kemampuan dalam membaca Al-Qur’an. Uji kompetensi yang dimulai pukul 07.00 WIB itu berlangsung dengan khidmat. (IY-US/Ant/rf)