MTs Negeri 2 Tegal Angkat Materi Anti Bullying di MATSAMA 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal (Slawi)-Bekerjasama dengan Penerbit Erlangga, MTs Negeri 2 Tegal menyelipkan materi anti bullying pada salah satu sesi di kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) hari ke-3, Kamis, 20 Juli 2023.

Kegiatan pengisian materi tersebut mengundang Ibu Agustin Handayani dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), digelar di masjid lantai II, diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII (tujuh), dan dengan didampingi oleh pengurus OSIS, wakil kepala kesiswaan, pembina OSIS, dan wali kelas VII.

Ditemui selepas kegiatan, Nane Fatimah Dwi A., selaku ketua MATSAMA 2023 menuturkan bahwa materi anti-bullying ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang dampak negatif dari perundungan (bullying) di kalangan siswa dan seluruh anggota madrasah.

“Pembicara pada sesi ini yakni Ibu Agustin Handayani mengangkat isu-isu terkait dengan bullying, termasuk definisi bullying, tanda-tanda bullying, jenis-jenis bullying, serta dampak negatifnya bagi korban dan pelaku bullying. Para siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas dan diskusi yang bertujuan untuk mendorong empati, rasa hormat, dan sikap toleransi di kalangan siswa.” Ungkap nane.

Selain itu, materi anti bullying ini juga membahas pentingnya melaporkan perundungan yang terjadi di lingkungan madrasah, sehingga korban bullying merasa didukung dan aman untuk melaporkan kejadian tersebut.

“Guru dan staf madrasah juga diingatkan tentang peran penting mereka dalam mengatasi bullying dan menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif.” Tambahnya.

Ia pun berharap dengan adanya materi anti bullying ini, akan tercipta lingkungan madrasah yang lebih aman, damai, dan menyenangkan bagi seluruh warga madrasah. (akb/bd)