MTs Negeri 2 Tegal Ikuti Semarak Karnaval Kemerdekaan 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi-Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia, kontingen MTs Negeri 2 Tegal dengan penuh semangat ikut berpartisipasi dalam semarak karnaval kemerdekaan 2023 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Tegal.

Mengusung tema meriah, kreatif, dan atraktif, Karnaval ini tidak hanya menjadi ajang untuk berparade dan bersenang-senang, tetapi juga menjadi momentum berharga untuk memupuk semangat nasionalisme serta membangkitkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/8) Nane Fatimah D.A, selaku ketua kontingen yang juga sebagai wakil kepala kesiswaan ini menceritakan bahwa ribuan siswa dari berbagai jenjang pendidikan, berbaris dengan penuh semangat dalam berbagai kostum kreatif yang menggambarkan periode sejarah penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Dalam semarak karnaval kemerdekaan 2023 ini kami memberangkatkan 50 peserta, dan saat di depan panggung kehormatan yang berlokasi di Alun-Alun Hanggawana Slawi, kami menampilkan lagu “Bagimu Negeri” dan tari “Tegal Toleransi” guna menghibur tamu-tamu penting yang turut menyaksikan karnaval ini.” Ungkapnya.

Para siswa lain mengenakan kostum adat daerah yang merepresentasikan berbagai etnis dan budaya di Indonesia, mengenakan kostum putih-putih dengan membawa bendera merah putih, serta kostum-kostum lain yang dapat menarik perhatian para penonton karnaval. “Selain kostum, yang terpenting karnaval kemerdekaan ini bukan hanya sekadar pawai, tetapi juga merupakan cara kami untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan nilai-nilai perjuangan yang telah membebaskan negeri ini. Kami merasa bangga bisa berpartisipasi dalam perayaan yang berarti ini,” Tambahnya.

Selain membangun semangat nasionalisme, karnaval ini juga melibatkan partisipasi aktif warga setempat yang turut menyaksikan dan memberikan dukungan kepada para peserta. Rute karnaval yang diselenggarakan pada Sabtu (26/8) sendiri cukup panjang, yakni dari gor Trisanja Slawi, kemudian melewati patung obor, polres Tegal, pertigaan taman bunga Slawi, lapangan asrapa Polri Kalibliruk, Brigif IV/Dewa Ratna, dan berakhir di Alun-Alun Hanggawana Slawi.

Nane berharap dengan semangat kemerdekaan yang berkobar, karnaval ini somoga dapat menyatukan berbagai lapisan masyarakat dalam satu momen yang penuh makna. “Semoga semangat persatuan dan semangat perjuangan para pahlawan dapat terus ditanamkan dalam generasi muda, sehingga Indonesia dapat terus maju menuju masa depan yang gemilang.” Tandasnya. (akb/bd)