MTsN 4 Banjarnegara Gelar Rapat Penegas Kelulusan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sehari menjelang pengumuman kelulusan siswa kelas 9 tahun pelajaran 2021/2022, Selasa (14/6), pukul 10.00 WIB,  MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan  rapat penegas kelulusan. Rapat dilakukan di ruang kelas 9B, diikuti oleh kepala madrasah dan seluruh dewan guru. Agenda utama rapat adalah menegaskan kelulusan siswa tahun pelajaran 2021/2022. Rapat dipimpin oleh Kepala MTsN 4 Banjarnegara, Sidik Wibowo Akhmad.

Dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua guru dalam rapat tersebut.  Selanjutnya disampaikan pula informasi bahwa penentuan kriteria kelulusan siswa saat ini tidak lagi diatur atau ditentukan oleh pemerintah secara langsung, namun sepenuhnya menjadi kewenangan madrasah.

“Beberapa waktu yang lalu, penentuan kelulusan siswa ditentukan oleh pemerintah, namun sekarang sepenuhnya diserahkan kepada madrasah masing-masing. Jadi perlu masukan dari semua guru dan wali kelas serta kesepakatan semuanya, sesuai peraturan yang ada,” ujar Sidik Wibowo Akhmad dalam sambutannya.

Selanjutnya adalah penyampaian tentang kriteria kelulusan oleh wakil kepala bidang kurikulum, Chuzaemah. Dalam penyampaiannya, Chuzaemah menjelaskan bahwa kriteria kelulusan siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara tahun pelajaran 2021/2022 adalah ada beberapa hal.  Siswa dinyatakan lulus dari madrasah apabila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran serta memiliki nilai kepribadian yang baik. Adapun proses penentuan lulus dan tidaknya siswa adalah berdasarkan hasil rapat bersama semua dewan guru.

Selain itu, kehadiran peserta didik dalam pembelajaran juga ikut menentukan kelulusan. Kehadiran peserta didik di madrasah minimal 90% dari jumlah hari efektif sesuai kalender pendidikan.

Rapat penegas kelulusan berlangsung lancar dan tertib, selesai pukul 12.30 WIB, dengan menghasilkan keputusan yang akan diumumkan keesokan hari kepada semua siswa kelas 9, yaitu pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022.

“Alhamdulillah selesai rapat penegas ini dengan lancar, sudah diputuskan bersama  tentang kelulusan siswa, insya Allah besok diumumkan kepada seluruh siswa kelas 9 , semoga tidak ada kendala,” ucap Chuzaemah. (Khm/ak/rf)