MTsN Salatiga Gelar Simulasi UNBK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Salatiga satu – satunya Madrasah Tsanawiyah Negeri  di Salatiga yang tahun ini akan menyelenggarakan UNBK. Maka Dalam rangka menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara serentak jenjang SMP/ MTs Mei mendatang, Madrasah Tsnawiyah Salatiga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga ( DisDikpora ) Kota Salatiga mengadakan simulasi UNBK di hari  Senin – Selasa 27 s.d 28 Februari 2017 di MTsN Salatiga.

Tujuan simulasi ini  guna mensosialisasikan secara  merata kepada peserta UNBK agar dapat memahami cara pengoperasian computer dan cara mengerjakan ujian nasional secara online.

Kegiatan ini adalah simulasi ujian nasional berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai latihan siswa dalam menghadapi UN yang akan diselenggarakan dengan sistem CBT (Computer Based Test).Untuk menghadapi simulasi ini, teknisi Eko Wiratno  mengadakan koordinasi dan mengecek kesiapan sarana dan prsarana dengan dipimpin langsung Kepala MTsN Salatiga Drs. Sugianto, M.PdI.

Turut hadir dalam pemantauan  pelaksanaan simulasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Wuryadi, M.Pd.I, Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Retno Worowidati, SH.M.H dan Pengawas Madrasah Drs. H. Saifudin, M.Pd.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Wuryadi disela-sela pemantauannya mengungkapkan,  bahwa UNBK sudah tidak dapat ditawar lagi dan akan terlaksana bila semua warga MTsN termasuk orang tua siswa dapat berpartisipasi aktif dan memberikan support. Tes dengan menggunakan komputer ini merupakan hal baru bagi siswa, maka harapannya  kepada tim UNBK untuk membiasakan siswa dalam menggunakan fasilitas ini. Bahkan sebelum pelaksanaan simulasi diharapkan seluruh siswa sudah mengenal sistem dan mencoba komputer untuk pelaksanaan tes.

Selanjutnya kepala MTsN Salatiga Sugiyanto menjelaskan pelaksanaan simulasi menggunakan 3 ruang dengan 3  proktor dan 1 teknisi.

Peserta simulasi UNBK berjumlah 250 siswa, pelaksanaannya dibagi dalam 3 sesi yaitu : pukul 08.00 s.d. 10.00, 11.00 s.d. 13.00 dan 14.00 s.d. 16.00. Mata pelajaran yang diujikan hari pertama adalah Matematika. Dan hari kedua Bahasa Inggris. “Kegiatan simulasi UNBK yang berlangsung selama dua hari itu berjalan lancar,” imbuh

nya. (kk/gt)