Nilai Kejujuran, Tantangan PAS Semester Gasal Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama satu semester, sebagaimana dituturkan kepala MAN 1 Banjarnegara, Muslimin Winoto pada rapat menjelang PAS. (26/11)

Dalam kesempatan yang sama, kepala Madrasah menekankan bahwa salah satu karakter yang menjadi sorotan utama dalam PAS adalah nilai kejujuran.

Waka Kurikulum, Indriyani membenarkan bahwa sorotan utama PAS adalah nilai kejujuran

“Kami menekankan kepada siswa walaupun guru mengawasi jalannya PAS, namun siswa harus yakin bahwa Allahlah yang senantiasa mengawasi,” tutur Indriyani.

Di akhir pembicaraannya, Indriyani berharap dengan kejujuran siswa memperoleh nilai yang optimal baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap,” pungkasnya

Sekretaris Panitia PAS, Adhin Auliya Syarif menuturkan PAS tahun ini diikuti oleh 865 siswa kelas X, XI, dan XII yang terbagi dalam 21 ruang. Pelaksanaan secara terjadwal mulai tanggal 28 November sampai tanggal 7 Desember.

Lebih lanjut Adhin Auliya Syarif menjelaskan bahwa penilaian dilaksanakan pukul 07.30 sampai pukul 11.45 dengan dua mata pelajaran setiap harinya.

Hasil PAS selanjutnya akan diolah guru berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Angka KKM menjadi batas untuk menentukan mampu atau tidaknya siswa menguasai suatu materi pelajaran. (swh/rf)