Optimalisasi Peserta Tes IVA dan SADANIS, DWP Kemenag Kota Semarang Ikuti Rakor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Selasa (12/7/2022) Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang beserta beberapa jajarannya yang ditunjuk sebagai Panitia Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis) oleh Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Tengah, mengikuti rapat online melalui aplikasi zoom meeting.

Linda Damayanti Musta’in Ahmad selaku Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng, memimpin langsung rapat koordinasi tersebut.

Dalam sambutannYa, ia menuturkan tujuan digelarnya rakor ini dalam rangka persiapan pelaksanaan tes IVA dan SADANIS sebagaimana telah disampaikan oleh Ketua DWP Kemenag Pusat yang akan dilaksanakan secara serempak se-Indonesia pada 10 Agustus mendatang.

“Kami ucapkan terima kasih atas keikutsertaan Ibu-ibu dalam rapat koordinasu yang kami gelar malam ini. Tujuannya supaya Ibu-ibu bisa lebih fokus mengikuti rapat, karena tidak dilaksanakan bersamaan dengan jam dinas,” tuturnya mengawali sambutannya.

“DWP Kemenag RI telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk itu kami imbau kepada masing-masing DWP pada Kabupaten/Kota untuk bisa berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Kulonuwun permisi dan minta bantuan untuk dibantu teknis pelaksanaannya. Syukur-syukur bisa bekerjasama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jamunan Kesehatan), sehingga bisa gratis,” imbaunya.

“Kunci sukses dari pelaksanaan pada masing-masing daerah, ada pada Ketua DWPnya. Jika diperlukan, buat flyer guna optimalisasi jumlah peserta. Peserta bisa dari madrasah, IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal), KUA (Kantor Urusan Agama), dan unsur lainnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan target peserta se-Jateng sebanyak 150 peserta. “50 Untuk peserta dari Kota Semarang merupakan gabungan dengan Kanwil, Kemenag Kota dan BDK (Balai Diklat keagamaan) Semarang, kami targetnya 50 peserta dan akan dilaksanakan di Poltekkes (Politeknik Kesehatan) Semarang. Sedangkan sisanya disebar ke seluruh Kabupaten/Kota se-Jateng,” terangnya.

Ia juga menerangkan jika seremonial akan dilaksanakan secara serentak se-Indonesia pada tanggal 10 Agustus, dan diikuti oleh seluruh DWP se-Indonesia dengan berseragam kaos hasil karya Ibu Menag.

Di akhir sambutannya, Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng berharap peserta tes IVA dan SADANIS dari wilayah kerjanya bisa melebihi target.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaikan teknis pelaksanaan Tes IVA dan SADANIS oleh dokter Runjati Nur Abadi.(NBA/rf)