PAT Hari Pertama MTsN 4 Banjarnegara Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) hari pertama (30/5) di MTs Negeri 4 Banjarnegara berjalan lancar dan tertib. PAT diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 serta dilaksanakan secara daring namun dipusatkan di madrasah.

“Kegiatan PAT dijadwalkan mulai 30 Mei 2022 hingga tanggal 8 Juni 2022. Sistem yang digunakan adalah secara online atau daring menggunakan format Google Form, namun pelaksanaannya semua terpusat di madrasah, agar terpantau. Siswa membawa laptop atau HP sendiri-sendiri, sementara madrasah menyediakan jaringan WiFi-nya,” jelas Chuzaemah, wakil kepala bidang kurikulum MTsN 4 Banjarnegara.

PAT di MTsN 4 Banjarnegara menggunakan 6 ruang untuk ujian. Tiap ruang diawasi oleh seorang petugas pengawasan. Khusus hari pertama jam pertama, siswa masuk ruang 15 menit lebih awal karena dibacakan tata tertib peserta ujian oleh pengawas ruang serta pengecekan jaringan internet di perangkat masing-masing siswa.

 Sebelum masuk ruangan, siswa peserta ujian atau ulangan, berbaris dengan tertib di depan masing-masing ruang ujian, kemudian masuk kelas dan berdoa bersama dipimpin salah satu peserta. Selanjutnya link soal di share kepada para siswa, kemudian siswa mengisi identitas masing-masing, lalu bisa mulai mengerjakan soal-soal PAT. 

Mapel yang diujikan pada PAT adalah 16 mapel, adapun jadwal hari pertama PAT adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Waktu yang dialokasikan adalah 120 menit dimulai pukul 07.30-09.30 WIB. Setelah itu jam kedua mapel Qur’an Hadits waktu pengerjaan 90 menit, mulai pukul 10.00-11.30 WIB. Untuk hari pertama pelaksanaan, siswa terpantau lancar dan tertib mengikuti ujian.

“Alhamdulillah, lancar pelaksanaan PAT hari pertama. Siswa masuk semua, tidak ada yang sakit atau berhalangan. Hampir tidak ada kendala yang berarti, mudah-mudahan besok dan seterusnya lancar sampai selesai PAT,” ujar ketua panitia PAT,  Sarif Hikmayanto. (khm/ak/rf)