Pati Kembali Raih Juara Umum MTQ Pelajar Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Kabupaten Pati berhasil mempertahankan prestasinya untuk mendapatkan juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pelajar Ke-XXXIII tingkat Jawa Tengah. Kepastian itu didapat setelah kontingen Bumi Mina Tani ini mengumpulkan total 18 angka prestasi.

Dengan mempertahankan posisinya sebagai juara umum ini, dewan juri pun kemudian memberikan predikat terbaik bagi peserta dari Pati. Hal itu tertuang dalam SK Nomor 01/DH/XI/2018 tentang penetapan peserta terbaik, dan harapan dalam rangka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar tingkat SMP/MTs se Jawa Tengah ke 33 yang digelar di Kabupaten Kebumen, Senin sd Kamis (12-15/11).

Kontingen Kabupaten Pati membawa pulang dua medali emas pada perheletan MTQ pelajar ke -34 yang diadakan di Kebumen, Jawa Tengah tersebut. Dua medali tersebut diraih oleh Mohammad Baiquni dari MTs Raudlatul Ulum yang berhasil menjadi juara I cabang tartil SMP/MTs Putra dan Frida Wulan Sari dari MTs Tarbiyatush Shibyan sebagai juara I cabang tartil SMP/MTs Putri.

Juara lain yang diperoleh adalah Juara II cabang Qori’ah SD/MI putri atas nama Umi Saidah. Selain itu, juara II Qori’ SMA/SMK/MA Putra yang diperoleh oleh Mohammad Zahron Nasywa, dan Harapan III atas nama Amelia Nasywa Audreya pada cabang Qori’ah dan Hafidzah SMP/MTs Putri. Sedangkan Nadya Soffi Herlina mendapatkan juara Harapan III untuk cabang lomba Qori’ah dan Hafidzah SMA/SMK/MA putri.

Kepala Kemenag Kabupaten Pati, Imron sangat bangga atas raihan prestasi tersebut. Pihaknya berharap, kedepan prestasi tersebut dapat meningkat lagi. Terutama saat ke jenjang yang lebih tinggi di MTQ tingkat nasional.

“Harapannya prestasi ini tentu harus selalu dipertahankan. Tentunya melalui pembinaan-pembinaan yang rutin di masing-masing kecamatannya. Sekaligus bisa semakin berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi,” kata Imron, Jumat (16/11/2018).

Secara keseluruhan, kontingen Pati berhasil meraih tujuh gelar di ajang ini. Dua juara pertama, dua juara kedua, dua juara tiga, dan satu juara harapan. Total skor yang dikumpulkan kontingen Pati berjumlah 18 angka sesuai dengan keputusan dewan hakim.

Perhitungan yang dipakai Juara I skornya 5, juara kedua skornya 3, dan juara ketiga skornya 1, dikalikan dengan perolehan kontingen, hasilnya Pati memeroleh angka 18. Pesaing terdekatnya, Kabupaten Rembang hanya mampu mengumpulkan 13 angka dan menduduki peringkat kedua, sedangkan Kendal dengan perolehan 10 angka menempati posisi ketiga.

“Ini menunjukkan bahwa prestasi MTQ pelajar di Pati sangat bagus. kami akan berupaya untuk membina mereka dan akhirnya mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya. (Am/bd)