Pelajaran yang Didapat Mahasiswa selama PPL di Kemenag Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Tak terasa 3 bulan sudah mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Suka duka turut dirasakan oleh mahasiswa tersebut. Hal ini turut diungkapkan oleh Angelina salah satu mahasiswa Udinus yang melaksanakan PPL di Kankemenag Kota Semarang. “Magang di Kemenag Kota Semarang banyak sukanya. Disini Bapak/Ibu semuanya ramah-ramah dan baik hati. Tak ada yang galak,” lapornya kepada dosen pembimbing lapangan, selepas acara pelepasan mahasiswa PPL yang dilaksanakan di ruang kerja Kasubbag TU, Selasa (17/1/2023).

“Kami diajarkan banyak hal, dari mulai cara mengkonsep surat dinas yang baik dan benar, menata arsip surat, mendokumentasikan setiap kegiatan, menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, pelayanan dalam birokrasi pemerintahan, bahkan sampai tata cara bagaimana berkomunikasi dan bersikap yang baik dengan sesama pegawai, dengan pimpinan, dan dengan masyarakat sebagai penerima layanan. Mereka dengan telaten mengajari kami,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Jesica, mahasiswa Udinus lainnya yang melaksanakan PPL di urusan keuangan Subbag TU. “Kami tidak dianggap sebagai mahasiswa magang, tetapi diperlakukan sebagai rekan kerja. Jadi praktik kerja disini itu menyenangkan. Asyik pokoknya. Setiap memberikan instruksi, juga dengan tutur bahasa yang sopan, jika menegur kami pun juga dengan bahasa yang santun. Bahkan banyak guyonnya, sehingga kami merasa seperti menemukan keluarga baru,” ungkapnya.

Novita, rekan PPL seangkatan keduanya juga mengutarakan hal senada. “Jika kami bertanya tentang salah satu tugas yang diberikan kepada kami, dan kami belum faham, mereka pun dengan sabar menjelaskan dan mengajari kami,” ucapnya.

“Salah satu hal yang kami pelajari selama PPL di Kemenag Kota Semarang, bekerja itu dibutuhkan saling bekerjasama, komunikasi yang bagus, kompak, dan bekerja dengan ikhas dan sepenuh hati, sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal,” imbuhnya.

Rasa kehilangan juga turut dirasakan oleh pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. Sebelum resmi melepas mahasiswa Udinus, mereka pun saling bersalaman dan mengucapkan terima kasih serta permohonan maaf. Tak lupa mereka pun mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera yang dilakukan di depan ruang PTSP.(NBA/bd)