Pelaksanaan Wisuda ke 29 dan Khotmil Quran Bil Ghoib Juz 30 MI Tarbiyatul Khairat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Wisuda merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai perayaan kelulusan peserta didik pada jenjang pendidikan formal tertentu. Wisuda juga merupakan penanda berakhirnya kegiatan akademik peserta didik yang dilakukan dengan upacara khidmat.

Hal ini yang mendasari dilakukannya wisuda kepada peserta didik kelas enam MI Tarbiyatul Khairat yang telah melaksanakan kegiatan akhir belajar selama enam tahun di madrasah sekaligus penyerahan kembali tanggung jawab peserta didik kepada orang tua.

Sabtu (18/6), MI Tarbiyatul Khairat melaksanakan Wisuda ke-29 dan Khotmil Quran kepada seratus tiga (103) peserta didik di halaman gedung kelas baru.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan-sambutan, dan khotmil Qur’an.

Dalam pidatonya, Nur Chasanah Kepala Madrasah menyampaikan ucapan selamat kepada peserta didik yang telah dinyatakan lulus 100% pada Rabu (15/6/2022), serta telah berhasil melaksanakan program tahfidz Al Qur’an juz 30 dan surat-surat pilihan. “Semoga semua peserta didik yang telah lulus menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah berguna bagi nusa bangsa, agama dan tercapai cita-citanya dan bagi peserta didik yang telah berhasil melaksanakan program tahfidz semoga dapat melanjutkan hafalannya”, harapnya.

Hadi pula Zubaidi Pembina Yayasan, dalam sambuatannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada peserta wisuda dan peserta khotmil qur’an. “Selamat kepada seluruh peserta didik yang lulus tahun ini semoga dapat melanjutkan ke sekolah yang diinginkan dan tetap menjadi insan yang qur’ani”, ungkapnya.

Ia juga meminta dukungan dari orang tua yang hadir untuk turut membagikan informasi seputar MI Tarbiyatul Khairat kepada masyarakat. “Mohon doa dan dukungannya dalam rangka pembukaan gedung kelas baru sehingga kami siap menerima lebih banyak lagi peserta didik yang ingin belajar di MI Tarbiyatul Khairat,” imbuhnya.

Menunggu puncak acara wisuda, tamu undangan disuguhi hiburan lagu berjudul “Guruku Tersayang” yang ditampilkan sangat ceria oleh peserta didik kelas dua dan medley tembang jawa yang ditampilkan sangat apik melalui gerak dan lagu oleh peserta didik kelas 5.

Puncak acara dilakukan dengan prosesi kirab wisuda kelas 6, yang dipandu oleh Ahmad Haris. Dalam proses kirab wisuda tamu undangan dapat menyaksikan putra-putrinya berjalan dengan khidmat menuju kursi wisudawan/ti. Kemudian satu persatu wisudawan/ti naik ke atas panggung untuk dilaksanakan pemindahan posisi kucir toga oleh Nur Chasanah, serta pemberian tanda lulus secara simbolis.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu berjudul “Terima Kasihku” dan “Terima Kasih Guruku Atas Jasamu” oleh wisudawan/ti.

Dengan dinyanyikannya kedua lagu tersebut oleh wisudawan/ti maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan Wisuda dan Khotmil Qur’an Juz 30 Bil Ghoib MI Tarbiyatul Khairat. (Emy/SAW/rf)