Pelatihan Hantaran, Peluang Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Darma Wanita Persatuan Kantor Kemenag Kab. Magelang menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Hantaran kepada para anggotanya di Gedung GSG, Jumat, 15/07/2022.

Ketua DWP, Khotimah Panut, menyampaikan pelatihan tersebut merupakan program kerja dari Bidang Pendidikan yang sudah direncanakan beberapa bulan yang lalu tetapi terkendala oleh beberapa kegiatan

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada anggota Dharma Wanita agar bisa membuat hantaran untuk kegiatan seserahan dan sebagainya. Jika anggotanya mahir membuat hantaran, maka bisa menjadi peluang untuk wirausaha sehingga menambah ketahanan ekonomi keluarga.

Narasumber kegiatan, Khairunisa Kusumaningrum, owner Alula Handmade Mahar Seserahan Hantaran Pernikahan Temanggung, membimbing peserta terkait dasar-dasar pembuatan hantaran sederhana. Khairunisa menyampaikan bahwa trend hantaran saat ini berbeda dengan model hantaran pada tahun-tahun sebelumnya.

“Trend pasar hantaran saat ini di tahun 2022, kebanyakan adalah hantaran simple dengan rangkaian bunga. Jadi lebih ke simplicity,” kataKhairunisa.

“Untuk tempatnya hantaran sekarang ini kebanyakan memakai bahan acrylic, bukan kaca. Sehingga tidak riskan dan tidak berat jika dibawa,” lanjutnya.

“Klien-klien saat ini cenderung menyukai warna putih dan gold, simple dan tidak terlalu ramai,” tegas Khairunisa.

Peserta secara berkelompok mengikuti tahapan-tahapan pembuatan hantaran dengan dipandu oleh narasumber. Selanjutnya hasil dari pembuatan hantaran dilakukan penilaian oleh Dewan Juri yang dipimpin oleh Farida Joni Indarto, dari DPW Kabupaten Magelang. Penilaian berdasarkan 4 kategori yaitu ide atau gagasan, kreativitas, kerapian produk, dan keindahan.  

Berdasarkan kriteria tersebut, Juri mengumumkan 6 peserta terbaik berdasarkan akumulatif nilai. Para pemenang mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Ketua Dharma Wanita, Khotimah Panut.(m45k/Sua).