Pelepasan Jemaah Haji Embarkasi Solo Kloter Pertama, Inilah Pesan Menag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Staf Ahli Menteri Agama RI, Abu Rochmad saat mengikuti pelepasan jemaah kloter pertama yang didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad serta Kakanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Masmin Afif di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6) .

Boyolali (Humas PPIH) – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa dengan Gus Men menyampaikan sejumlah pesan kepada jemaah calon haji Embarkasi Solo. Dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Menteri Agama RI, Abu Rochmad saat mengikuti pelepasan jemaah kloter pertama yang didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad serta Kakanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Masmin Afif di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6) .

Pesan Pertama Gus Men mengajak para jemaah untuk kembali menata niat dan lakukan ibadah dengan penuh rasa syukur “Di tata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima dan menyempurnakan keislaman kita dan bagi jemaah haji monggoh laksanakan ibadah haji dengan penuh rasa syukur, Kalo panjenengan bersyukur suasana ibadah akan nyaman, tenang, sabar dalam semua situasi dan kondisi dan saling membantu Syukur,” ungkapnya.

Kedua, jaga kesehatan “Saya berharap para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum karena cuaca di Arab Saudi saat ini panas ekstrem. Tau diri kapan harus istirahat dan jangan dipaksakan kalo sudah merasa lelah,” terangnya.  

Diakhir pesan Gus Men mengingatkan agar para jemaah tidak segan untuk bertanya kepada petugas jika ada kesulitan, ada petugas yang siap melayani jemaah Non Stop. Mari saling mendoakan agar ibadah haji dapat berjalan dengan lancar, diterima oleh Allah SWT dan sepulangnya dari ibadah haji dapat menjadi haji dan hajjah mabrur mabrurah.  

Jemaah Haji Embarkasi Solo di Tanah Suci

Kloter 1 (Satu) Sebanyak 360 jemaah calon haji tersebut dini hari telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Adi Soemarmo pada Sabtu sekitar pukul 00.30 WIB.

Kebijakan kuota pemerintah Arab Saudi tahun ini jumlahnya lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Adapun jumlah jemaah calon haji yang akan diberangkatkan dari  Embarkasi Solo secara keseluruhan sejumlah 15.477 jemaah asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan 43 kelompok terbang (Kloter) dan perjalanan jemaah haji secara umum akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, sekaligus Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa prosentase jemaah Pria sebanyak 44,69% dan Wanita 55,31 %.

“Untuk jumlah keseluruhan jemaah dari Embarkasi Solo sebanyak 15.447 dengan prosentase jumlah jemaah pria 44,69 % dan wanita 55,31 %. Perjalanan jemaah haji secara umum akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang.  Gelombang pertama bagi kloter 1 – 21 jemaah akan diberangkatkan dari Solo menuju Madinah dan dan melanjutkan ibadah di Mekkah dan gelombang kedua kloter 22 – 43 berangkat dari Solo menuju Jeddah, selanjutnya Mekkah dan Madinah,” katanya.

“Jemah haji embarkasi solo seluruhnya di tempatkan di Al Kiswah Tower Hotel Mekkah dan Semua jemaah mendapatkan layanan transportasi selama 24 jam penuh,” imbuhnya. (Humas PPIH)