Ganjar Pranowo Lepas Jemaah Haji Embarkasi Solo, Kloter Pertama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Gubernur Jateng, didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Jateng dan DIY sapa jemaah haji Embarkasi Solo, Jumat (3/6)

Boyolali (Humas PPIH) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmada serta Kakanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Masmin Afif secara langsung melepas jemaah calon haji  kloter pertama asal Kabupaten Pati dari Embarkasi Solo. Pelepasan para jemaah dilakukan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6) malam.

Sebanyak 360 jemaah calon haji tersebut telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Adi Soemarmo pada Sabtu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Ganjar sempat menyapa jemaah dan menyampaikan bahwa para calon haji tersebut merasa gembira akhirnya bisa berangkat untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, setelah dua tahun tertunda.

“Sempat menyapa jemaah, wajah mereka sangat gembira karena akan berangkat ke Tanah Suci. Setelah dua tahun sempat tertunda. Tadi saya sempat Tanya kepada jemaah ada seorang pedagang nasi pecel, beliau menabung 10 ribu per harinya agar bisa berangkat ke Tanah Suci. Hal ini tentunya cerita yang membahagiakan sekaligus mengharukan bagaimana semangat mereka untuk beribadah,” ungkapnya.

Ganjar juga mendoakan kepada seluruh jemaah calon haji bisa menjadi haji yang mabrur setelah melaksanakan ibadah di Tanah Suci dan berpesan  bagi jemaah calon haji yang belum berangkat untuk jaga kesehatan.

Jemaah Haji Embarkasi Solo di Tanah Suci

Kebijakan kuota pemerintah Arab Saudi tahun ini jumlahnya lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Adapun rencana yang akan diberangkatkan jemaah calon haji dari  Embarkasi Solo secara keseluruhan 15.477 jemaah asal Jawa Tenah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan 43 kelompok terbang (Kloter) dan perjalanan jemaah haji secara umum akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, sekaligus Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa prosentase jemaah Pria sebanyak 44,69% dan Wanita 55,31 %.

“Untuk jumlah keseluruhan jemaah dari Embarkasi Solo sebanyak 15.447 dengan prosentase jumlah jemaah pria 44,69 % dan wanita 55,31 %. Perjalanan jemaah haji secara umum akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang.  Gelombang pertama bagi kloter 1 – 21 jemaah akan diberangkatkan dari Solo menuju Madinah dan dan melanjutkan ibadah di Mekkah dan gelombang kedua kloter 22 – 43 berangkat dari Solo menuju Jeddah, selanjutnya Mekkah dan Madinah,” katanya.

Jemah haji embarkasi solo seluruhnya di tempatkan di Al Kiswah Tower Hotel Mekkah dan Semua jemaah mendapatkan layanan transportasi selama 24 jam penuh,” imbuhnya.

Musta’in berharap semoga pelaksaannnya diberikan kelancaran, kenyamanan. Sehingga jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik sesuai dengan ketentuan syariat dan menjadi haji yang mabrur. (Humas PPIH)