Pembekalan Karu/Karom Maksimalkan Pelayanan Jamaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Bertugas sebagai Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) dalam pelaksanaan ibadah haji merupakan tanggungjawab mulai. Sehingga diharapkan dalam melaksanakan tugas semestinya dilandasi niat yang ikhlas diimbangi bekal ilmu untuk membimbing jamaah haji lainnya. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal saat diundang sebagai narasumber kegiatan pembekalan ketua regu dan ketua rombongan jamaah calon haji kabupaten kendal tahun 1443 H / 2022 M, Selasa (31/5).

“Menjadi Karu/Karom ini merupakan ladang ibadah. Maka mari laksanakan tugas ini dengan niat yang ikhlas. Landasilah dengan niat untuk membantu dan menolong jamaah haji dalam melaksanakan ibadahnya. Selain itu, sebagai Karu/Karom agar senantiasa saling menjaga komunikasi dengan petugas dan jamaah. Hal ini supaya dalam pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala,” ujar Kakan Kemenag, Mahrus.

Karu dan Karom bertugas untuk membantu petugas kloter dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji, sehingga harus memiliki kredibilitas dan tanggung jawab yang tinggi dalam mengemban tugas tersebut. Mengingat tugas yang sangat penting maka perlu adanya pembekalan sebelum para Karu dan Karom melaksanakan tugasnya.

“Karu/Karom diharuskan mengetahui kondisi anggotanya mulai dari berangkat, di tanah suci hingga kembali ke tanah air. Sesuai dengan fungsinya Karu adalah meneruskan informasi atau petunjuk dari ketua rombongan dan ketua kloter, Tim Pembina Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Selain itu juga mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya tetap utuh, aman, tertib dan lancar, baik selama dalam perjalanan maupun saat melaksanakan ibadah haji,” imbuh Mahrus.

Sementara itu tugas Karom, meneruskan informasi atau petunjuk dari petugas kloter, dan menyelesaikan atau melaporkan permasalahan-permasalahan kepada ketua kloter.

Diharapkan melalui pembinaan dan pembekalan ini, para Karu dan Karom dapat meningkatkan pengetahuan dan peranannya sehingga secara maksimal mampu membantu tugas-tugas TPIHI dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). (bel/rf)