Pembinaan dan Pemetaan Penghulu Kemenag Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Karanganyar menggelar pembinaan Penghulu, pemetaan SDM kepenghuluan. Kegiatan yang berlangsung di Soewatu Resti Kafe Ngargoyoso ini berlangsung Rabu, (16/11/2022).

Kepala Seksi Bimas, Ruslan, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan diikuti seluruh Penghulu Kankemenag Karanganyar beserta pelaksana seksi Bimis sebanyak  39 orang.

“Tujuan kegiatan ini adalah  mempererat silaturahmi antar Kepala KUA dan penghulu, untuk memperdalam manajemen tupoksi kepenghuluan. Selanjutnya untuk memperdalam tupoksi sebagai Penghulu. Bukan hanya pengawasan pernikahan. Disamping juga untuk memperdalam pemahaman status terkait hak Penghulu. pendaftaran sampai pelaksanaan pernikahan dan semua administrasi harus tersusun dengan rapi, maka  semua petugas d Kantor KUA tertibkanlah Administrasi sehingga semua Arsip tersimpan dengan sempurna,” jelas Ruslan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Karanganyar, Wiharso, mengurai tentang jabatan dan dinamika tugas Penghulu. Menurutnya, Penghulu memiliki tugas pokok, menyampaikan sesuatu yang hak.

“Jadi kapasitas kita sebagai Penghulu menyampaikan sesuatu yang hak. Filosofinya selalu tampil dan terlebih dahulu hadir dalam aktivitas. Penghulu juga cerminan masyarakat sekitar, tutur kata dan perilakunya menjadi dakwah bilhal bagi masyarakat sekitar. Harus sensitif merasa terpanggil kalau ada sesuatu yang terjadi di masyarakat. Jangan mencederai kapasitas selaku Penghulu,” paparnya.

“Saat ini tugas kepenghuluan semakin berat terutama terkait pencatatan nikah, terlebih Kementrian Agama RI sedang giat melakukan Revitalisasi KUA, sehingga KUA dapat dimaksimalkan untuk pelayanan agama bagi masyarakat, para penghulu harus bisa memberi pemahaman kepada calon pengantin, agar pasangan yang akan menikah siap lahir dan batin,” pungkasnya.

Diharapkan segenap unsur Kantor Urusan Agama (KUA) se- Kab. Karanganyar agar dapat melayani masyarakat sehingga kepuasan dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua yang berurusan,(ida/sua)