Pembinaan Fungsi Perbendaharaan dan Monitoring Pelaksanaan Anggaran di Kanwil Kemenag Prov. Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print


Semarang (Humas) – Agusli Ilyas Analis Pengelolaan Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ahli Madya pada Bagian Perbendaharaan dan Pelaksanaan Anggaran Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Sekretariat Jenderal Kementerian Agama beserta Susanto memberikan pembinaan fungsi perbendaharaan dan monitoring pelaksanaan anggaran triwulan II serta persiapan pelaksanaan anggaran triwulan III pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Selasa (14/6).

Kegiatan ini berdasar pada Surat dari Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Nomor B0548/B.III.1/KU.00.1/03/2022 tentang tentang Pelaksanaan Pembinaan dan Monitoring, maka seluruh SPK/Pengelola Anggaran dan seluruh Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) APK/PK APBN wajib untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Implementasi KMA Nomor 741 tahun 2020 tentang Optimalisasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Pada Satker di lingkungan Kementerian Agama serta PMK Nomor 58/PMK.02/2022 tentang Penetapan Kementerian/ Lembaga Yang Diberikan Penghargaan Atas Kinerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2021, mohon Bapak dan Ibu sekalian untuk dapat dilaksanakan,” tutur Agusli.

“Bagi teman- teman JF menjadi payung hukum penugasan, serta menjadi payung hukum dalam rangka mencari butir-butir tugas dan penugasan. Jadi jangan sampai Bapak dan Ibu sekalian tidak memiliki angka kredit karena tidak jelas pekerjaannya. Buatlah penugasan internal yang dasarnya adalah optimalisasi kinerja ini,” imbuhnya.

Agusli juga menerangkan bahwasanya perangkat pelaksanaan tugas ini akan dilakukan oleh fungsional. Dalam Bidang Keuangan dan BMN terdapat 2 Jabatan Fungsional (JF), yakni JF dibidang Perbendaharaan dan JF dibidang Penatausahan, Penghapusan dan Pengendalian. Dirinya juga mengapresisasi seluruh seluruh SPK/Pengelola Anggaran dan seluruh Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) APK/PK APBN dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang telah bekerja keras mengerjarkan tugas pokok dan fungsinya.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Wahid Arbani yang memberikan salam selamat datang kepada seluruh tim Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Sekretariat Jenderal Kementerian Agama yang bertugas. Wahid juga berpesan supaya seluruh SPK/Pengelola Anggaran dan seluruh Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) APK/PK APBN dapat selalu berintegritas untuk mengemban amanat besar ini. (ps/rf)