Pembinaan, Pemantapan, dan Pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita (UDG) Prov. Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Prov. Jateng menggelar kegiatan Pembinaan dan Pemantapan Kontingen Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (15/6/2024). Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program LPDG dan mendukung pelaksanaan Utsawa Dharmagita Nasional XV Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad hadir untuk memberikan arahan guna memotivasi peserta sekaligus melepas kontingen Jawa Tengah menuju Utsawa Dharmagita Nasional XV Tahun 2024. Didampingi Pembimas Hindu Kanwil Jateng, Eko Pujianto serta Ketua LPDG Provinsi Jawa Tengah, I Dewa made Artayasa.

“Even ini harus memberikan makna terkait dengan pengamalan ajaran agama yang baik, berikan peran dan dharma terbaik kita dalam event ini. Sebagai tuan rumah harus menjadi juara!” pesan Kakanwil.

Disampaikannya bahwa semua kontingen akan membawa panji-panji bendera Jawa Tengah, maka Kakanwil minta semua peserta mempersiapkan diri dengan maksimal. “Caranya dengan tekun mempelajari materi sepenuh hati, karena misi UDG ini adalah membawa nilai luhur kitab suci yang diperlombakan pada masing masing bidang,” jelas Musta’in Ahmad.

Menurutnya, untuk menjadi peserta lomba yang baik adalah siap menjadi pemenang, karena pemenang adalah siapa yang tidak menyerah. “Siapapun yang menyerah tidak akan pernah jadi pemenang. Hal ini harus menjadi motivasi bagi setiap kontingen,” ujarnya.

Pelepasan kontingen Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Tengah dilakukan secara simbolis melalui penyerahan bendera kontingen dari Kakanwil kepada Ketua LPDG Provinsi Jawa Tengah.

Perlu diketahui, bahwa dalam UDG Nasional XV Tahun 2024 ini Provinsi Jawa Tengah mengirimkan full kontingen dan mengikuti semua mata lomba. Jumlah kontingen yang akan dilepas sejumlah 59 orang yang terdiri dari 51 peserta lomba dan 8 official. Terdapat 8 (delapan) mata lomba yang akan diikuti oleh kontingen Jawa Tengah, terdiri dari:

  1. Utsawa Membaca Sloka (kategori anak, remaja, dewasa)
  2. ⁠utsawa Membaca Palawakya (kategori remaja, dewasa)
  3. ⁠Utsawa Membaca Kakawin (kategori remaja, dewasa)
  4. ⁠Utsawa Nyanyian Keagamaan (kategori remaja)
  5. ⁠Utsawa Dharmawacana Berbahasa Indonesia (kategori anak, remaja, dewasa)
  6. ⁠Utsawa Dharmawacana Berbahasa Inggris (kategori remaja, dewasa)
  7. ⁠Utsawa Dharma Wiwada(berdebat) remaja
  8. ⁠Utsawa Menghafal Sloka (kategori anak, remaja, dewasa)._A/Sua.