Pembukaan Giat Peningkatan Kapasitas Pendamping Produk Halal Kankemenag Kota Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan –  Kepala Kankemenag Kota Pekalongan  H. Kasiman Mamud Desky mengucapkan selamat datang kepada para Peserta Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dari unsur Penyuluh Agama Islam dari Kemenag Kab/Kota Pekalongan yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya melalui MOOCs  (Massive Online Open Courses), Tahun 2023 dan telah mendapat Nomor Registrasi. , Kamis, 11-5-2023

Disampaikan oleh Kakankemenag dalam sambutan pembukaan, pelatihan bagi penyuluh agama ini merupakan upaya mengakselerasi pencapaian satu juta Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023;

“Ini salah satu terobosan yang kita lakukan, guna mendongkrak capaian satu juta sertifikasi halal gratis; Dan sertifikasi produk halal ini merupakan salah satu program prioritas Kemenag RI,” ujarnya.

Adapaun keenam program prioritas tersebut adalah :   1). Peningkatan profesionalisme ASN;     2). Komitmen anti korupsi;     3). Respon cepat Penanganan isu di masyarakat;     4. Realissi Aggarn program priorits yg akuntabel;  5). Tercapainya 10 juta sertifikat halal; dan 6). 2023 tahun kerukunan.

H. Kasiman berharap selesai mengikuti pelatihan ini, para penyuluh agama bersama Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal dan BPJPH diharapkan dapat langsung terjun untuk mendampingi pelaku UMK;

“Pelatihan yang kita laksanakan kali ini merupakan pilot project. Kita berharap, ini menjadi cara yang efektif dan efisien untuk mencetak pendamping proses produk halal, ‘ tuturnya.

Demi Tercapainya program sehati (sertifikat halal gratis) 1 juta ttaun 2023 dan 10 juta produk bersertifikat halal tahun 2024, maka perlu 6 terobosan dan percepatan, yaitu :

1). Pelatihan 30 ribu pendamping proses produk halal; 2. Program Kantin Halal; 3. Memperkuat kemitraan dengan K/L; 4. Fasilitasi sertifikasi reguler dengan berbagai steak holder; 5. Kampanye mandatori halal di 1.000 titik, dan 6. Pengawasan BPJPH secara berkelanjutan.

Dipesankan pula oleh kakankemenag, agar kita berharap kerja keras lembaga dan pendamping proses produk  halal akan menentukan kinerjannya.Terima kasih atas peran serta Satgas Halal dari Kankemenag Kota dan Kabupaten Pekalongan yang sejak beberapa hari lalu telah membantu memfasilitasi para penyuluh agama yang hadir hari ini. Terimakasih kepada Pemateri Dr.Kuat Ismanto, M.Ag ( Direktur Halal Center UIN Gus Dur) juga Bpk Sugiarto ( P3H dari Kabupaten Pekalongan)

Diakhir sambutannya H. Kasiman berharap semoga materi pelatihan disampaikan baik yang menggunakan metode ceramah, belajar mandiri, serta praktik pendampingan, dapat terserap dengan baik oleh para peserta…Terlebih lagi ada baiknya untuk menunjang pelatihan, juga disiapkan video-video tutorial yang dapat disimak berulang-ulang oleh para peserta. (Ant/bd).