Pemetaan dan Penguatan SDM Kepenghuluan di Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pemetaan SDM Kepenghuluan, berlangsung di Aula Hotel  Anggraeni Jatibarang, Rabu, (13/07/2022).

Kepala Seksi Bimas Islam, H. Nasokhidin, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan diikuti seluruh peserta baik Penghulu dan tenaga kepenghuluan lainya  dilimgkungan Kankemenag Brebes sebanyak  50 orang berasal dari 17 Kepala KUA Kecamatan sekabupaten Brebes, 16 Penghulu sekabupaten Brebes  ditambah tenaga kepenghuluan dan dari JFU seksi Bimas Islam Kankemenag Brebes.

“Tujuan kegiatan  mempererat silaturahmi antar Penghulu dan tenaga kepenghuluan, untuk meningkatkan pengetahuan  baik dari Fiqih munakahat dan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan keagamaan sebagai program revitalisasi KUA,” jelas H.  Nasokhidin.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes dalam arahnya menjelaskan tentang pentingnya peningkatan pelayanan yang didukung oleh adanya peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat kegiatan keagamaan, sehingga KUA kecamatan dapat memeberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kepada para  penghulu di 13 KUA kecamatan yang belum memperoleh program revitalisasi KUA agar dapat mengadopsi program-program yang telah dijalankan oleh 4 KUA yang sudah revitalisasi yaitu KUA Kecamatan Ketanggungan, Kersana, Jatibarang  dan Larangan,” ungkapnya.

Beliau mengharapkan agar seluruh KUA kecamatan dan SDM yang ada didalamnya dapat bermetamorfoses  menjadi pelayan atau abdi masyarakat yang memiliki integritas dan kapasitas terbaik dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Jadi kapasitas sebagai Penghulu menyampaikan sesuatu yang hak. Filosofinya selalu tampil dan terlebih dahulu hadir dalam aktivitas, Penghulu juga cerminan masyarakat sekitar, tutur kata dan perilakunya menjadi dakwah bilhal bagi masyarakat sekitar. Harus sensitif merasa terpanggil kalau ada sesuatu yang terjadi di masyarakat. Jangan mencederai kapasitas selaku Penghulu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kakankemenag Brebes menekankan kepada para Penghulu di Kabupaten Brebes harus dapat menjaga marwah profesi sebagai penghulu dan marwah lembaga kementerian agama sebagai penjaga moral bangsa.

Kuatkan penguasaaan IT untuk mendukung pekerjaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam kegiatan ini peserta disuguhi materi penguatan pengetahuan perihal isbat nikah dari pengadilan Agama Kabupaten  Brebes, dan tertip administrasi kependudukan dari Disdukcapil dan penguatan pemahaman syairat Fiqh munakahat dari Akademisi Fakultas Syariah dan Hukum  UIN Cirbon.(Hid/Sua)