Pemilihan Ketua OSIS MAN 3 Kebumen Berlangsung Demokratis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka melatih dan mengenalkan demokrasi melalui pengalaman praktis pada peserta didik, Senin (12/09) MAN 3 Kebumen mengadakan pemilihan ketua OSIS (PILKETOS) masa bakti 2022/2023. Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah secara terbuka di teras laboratorium computer.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini berlangsung dengan tertib dan lancar, terlihat dari antusiasme peserta didik saat pemilihan berlangsung. Peserta didik tetap melaksanakan proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketiga pasangan calon kandidat yaitu Siti Jahrotul Faiqoh dan Zlatan Hadri Nova sebagai pasangan calon nomor satu, Yazid Nuril Huda dan Yunita Anggun Safitri sebagai pasangan calon nomor dua, dan Adam Nurdiansyah dan Zulfikar Zam Zam sebagai pasangan calon nomor tiga juga bersemangat hingga keseluruhan proses selesai. Proses pemungutan suara dilaksanakan hingga pukul 11.30 kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, dari 600 pemilih diperoleh 568 suara sah dan 32 yang dinyatakan tidak sah. Pasangan calon nomor urut satu mendapatkan 24 suara, pasangan calon nomor dua mendapatkan 282 suara, dan pasangan calon nomor tiga mendapatkan 262 suara. Dengan demikian, pasangan calon nomor dua yakni Yazid Nuril Huda dan Yunita Anggun Safitri akan menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS MAN 3 Kebumen masa bakti 2022/2023.

Hj. Siti badriyah selaku Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan  mengucapkan terima kasih dan pengharhagaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya pemilihan ketua OSIS ini.

“Terimakasih, kalian telah melaksanakan pemilihan ketua OSIS dengan jujur, adil, sportif dan bertanggung jawab. Semoga semua pengurus OSIS Masa Bakti 2022/2023 mampu mengemban tugas dan fungsinya dengan maksimal untuk memajukan madrasah dalam membangun generasi yang religius, cerdas, madiri, dan peduli lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sekaligus juga sebagai pembelajaran bagi peserta didik bagaimana menjalankan demokrasi yang baik. Peserta didik menjadi mengalami dan tahu bagaimana proses pemilihan umum yang benar.

Rangkaian kegiatan pemilihan ketua Osis di MAN 3 Kebumen sebetulnya sudah dilaksanakan sejak 20 Agustus 2022 diawali dengan proses penjaringan, seleksi calon, penyampaian visi misi, debat kandidat calon ketua OSIS, dan puncaknya adalah pemilih ketua OSIS. Komite Pemilihan Umum (KPU) OSIS MAN 3 Kebumen menyelenggarakan Pilketos dengan menjunjung tinggi asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil.(dp/fz/bd).