Pengajian Akbar Dalam Rangka Wisuda Khotmil Quran Juz 30 Dan Wisuda Kelulusan MI Tarbiyatul Khairot

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, 10 Juni 2023

Kegiatan membaca al qur’an adalah pembiasaan rutin yang dilakukan oleh siswa – siswi di lingkungan MI Tarbiyatul Khairat sebelum memulai pembelajaran di setiap harinya. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan siswa – siswi untuk cinta Al Quran sejak dini di samping mempelajari ilmu pengetahuan.

Melalui proses waktu yang sangat panjang siswa – siswi belajar di MI. Tarbiyatul Khairat, dan puncak dari kegiatan belajar tersebut adalah khotaman dan kelulusan siswa.

Setelah melalui proses yang panjang tersebut, pada Sabtu (10/6/2023) MI Tarbiyatul Khairat menggelar pengajian akbar dalam rangka wisuda khotmil qur’an yang ke 19 dan wisuda kelulusan kelas VI yang ke 30.

Acara yang diselenggarakan di halaman belakang MI Tarbiyatul Khairat yang berlokasi di Jl. Supriyadi 108 Kalicari Pedurungan Kota Semarang itu dimulai pukul 07.00-12.00 diikuti oleh para wisudawan dan wisudawati sebanyak 117 peserta didik. yang terdiri atas 75 peserta didik kelas VI dan 42 peserta didik dari kelas campuran yaitu kelas II. III, IV, dan kelas V dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Pengawas, Pengurus yayasan, pengurus muslimat, tokoh masyarakat sekitar dan seluruh orang tua peserta didik.

Acara diawali dengan kirab wisuda, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Wisuda dipandu oleh H. Zubaidi, pembacaan SK Khotmil Quran oleh Yuyun Praseti, pembacaan SK Wisuda Kelulusan oleh M. Ahyar, dan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya prosesi wisuda kelulusan kelas VI oleh Nur Chasanah .

Acara juga dimeriahkan oleh Group Gambus Modern El-Pess dari Genuk, Semarang yang membawakan lagu-lagu religi islami.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang yang diwakili oleh H. Rachmat Pamuji dalam sambutannya mengucapkan selamat atas diwisudanya peserta didik MI. Tarbiyatul Khairat yang khotaman al Qur’an dan yang lulus kelas VI. ia juga mengatakan;  “Bahwa anak-anak itu merupakan aset yang harus dijaga, dirawat, dan dibimbing karena mereka adalah penerus pemimpin di masa depan, dengan penjagaan, perawatan, dan bimbingan yang baik, maka kelak mereka akan menjadi anak-anak yang sholeh, cerdas, sukses, dan berakhlakul karimah.

Sementara itu selaku pembina Yayasan H. Zubaidi dalam sambutannya mengatakan bahwa wisuda yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya adalah momen penting untuk memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah menyelesaikan hafalan qur’an juz 30 dan pendidikan dasar di MI Tarbiyatul Khairat. Tidak hanya itu Zubaidi juga mengatakan bahwa momen ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada guru dan orang tua peserta didik yang telah bekerja sama dalam mendidik putra-putri selama mengenyam pendidikan di MI Tarbiyatul Khairat. “Tentu acara wisuda ini untuk memberikan semangat kepada orang tua yang anaknya masih belajar di madrasah ini agar proses belajarnya bisa lancar sampai lulus nanti dan mendukung anaknya untuk terus menjaga hafalannya, Imbuhnya.

Senada dengan Pembina Yayasan pada kesempatan itu Nur Chasanah selaku Kepala MI Tarbiyatul Khairat juga mengatakan; kegiatan akbar ini adalah kegiatan yang dilakukan sebagai momen untuk meningkatkan kepercayaan orang tua dan masyarakat sekitar untuk mencintai madrasah terutama MI Tarbiyatul Khairat. ia juga berpesan kepada para peserta didik, “Jangan lupa untuk selalu muroja’ah dan menjaga hafalan dan terus menjaga nama baik madrasah ini. Selalu hormat dan tawadhu kepada orang tua dan guru.

Puncak acara wisuda diakhiri dengan tausiyah dan doa oleh KH. Mahyan Ahmad, Pengasuh Pondok Pesantren Al Manshur, Curug, Tegowanu, Groboban. (Emy/SAW)