Pengawas Diimbau Bentengi Diri dengan Komitmen dan Integritas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Senin (12/6/2023), Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang memberikan pembinaan kepada Pengawas PAI dan Pengawas Madrasah setempat.

Di ruang Pokjawas PAI dan Madrasah, Ahmad Farid memberikan pembinaan dengan suasana santai. Hadir pula Kasubbag Tata Usaha selaku Plt. Kasi Dikmad, dan Kasi PAI Kankemenag Kota Semarang.

Menurut Farid, Pengawas lebih rentan terjerumus dalam indisipliner, oleh karenanya ia mengimbau, agar para Pengawas memiliki komitmen dan integritas terhadap pelaksanaan tusinya di lingkungan Kemenag. “Para pengawas harus selesai dengan dirinya sendiri, sehingga akan memberikan dampak yang positif, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi rekan sejawat, ASN lainnya, maupun guru binaannya,” tuturnya.

“Pengawas rentan terhadap manipulasi waktu, dan lain sebagainya. Jika kita berkomitmen dengan baik, diikuti dengan integritas terhadap Kementerian Agama untuk melaksanakan tugas, fungsi pokok, maka hal-hal semacam itu tidak akan terjadi. Jika kita memiliki komitmen dan integritas tinggi maka orang lain akan menilai positif,” imbuhnya.

Ia mengatakan, disiplin tidak hanya saat berangkat dan pulang, tetapi di dalam proses harus lebih produktif.

Dalam kesempatan itu, Farid berpesan, agar Pengawas PAI dan Madrasah, mampu memotivasi guru binaannya masing-masing untuk berinovasi. Karena menurutnya, dengan adanya keterbukaan informasi publik, terkadang siswa memiliki pengetahuan lebih luas ketimbang pendidik, sehingga saat ini, guru harus menempatkan diri sebagai patner peserta didik, dan pengawas sebagai patner guru.(Faojin/NBA/bd)