Pengawas Madrasah Diimbau Ikut Kawal Pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Beberapa informasi disampaikan oleh Moch. Fatkhuronji Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) yang bertindak selaku pembina apel yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, pada Senin (25/7/2022).

Kegiatan apel pagi tersebut diikuti oleh suluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan serta mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang,

“Keikutsertaan dalam apel merupakan salah satu bentuk ibadah sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa kepada kita,” tuturnya mengawali pembinaanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menginformasikan pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan secara online, akan berakhir pada tanggal 26 Juli 2022. “Saat ini sedang dilaksanakan pendaftaran KSM secara online, yang akan ditutup pada esok hari. Oleh karenanya, kami mengimbau kepada pengawas madrasah untuk ikut mensukseskan gelaran KSM, dengan memberikan dorongan kepada madrasah-madrasah binaannya untuk mengikutinya dan segera mendaftarkan diri,” imbaunya.

“Peminatan KSM kali ini luar biasa. Informasi yang saya terima sampai dengan pagi tadi, peserta dari Kota Semarang sebanyak 379 siswa,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama, KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kemenag, dalam hal ini Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis). Kompetisi ini dibuka untuk satuan pendidikan baik dari madrasah (MI, MTs, MA) ataupun dari sekolah (SD/SMP/SMA sederajat).

 “KSM tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring pada 13-14 Agustus besok,” terangnya.

Informasi lain yang disampaikan Moch Fatkhuronji dalam apel yaitu, hasil kejuaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah, penghargaan yang diperoleh Kota Semarang sebagai kota terbaik se-Indonesia dari UI GreenCityMetric 2022.

Selain itu, ia juga menyampaikan pesan agar pengawas madrasah turut melakukan validasi jumlah siswa pada masing-masing madrasah untuk tahun ajaran 2022/2023.(NBA/bd)