Pengawas Madrasah Lakukan Pendampingan Monitoring BOP RA Tahap 1 Tahun Anggaran 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Mafruhatun selaku Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Selasa (2/8/2022) memberikan pendampingan kepada Raudhatul Athfal (RA) di wilayah Kecamatan Ngaliyan dalam pelaksanaan monitoring Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahap I tahun anggaran 2022 yang diberikan oleh Kemenag.

Guna efektivitas, kegiatan dilaksanakan di RA Al Hidayah IAIN yang beralamat di Jalan Walisongo Nomor 3 -5 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 14 Kepala RA se-Kecamatan Ngaliyan, yang masing-masing didampingi bendaharanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mafruhatun menuturkan, selalu mendampingi RA dalam mengaplikasikan BOP dimaksud. “Jangan sampai salah penggunaannya. BOP diberikan oleh Kementerian Agama dengan tujuan untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tingkat RA,” tuturnya.

Moch. Fatkhuronji Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kankemenag Kota Semarang, dalam monitoringnya menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka evaluasi dan pelaksanaan fungsi kontroling Kemenag terhadap penggunaan dana BOP tahap I periode Januari-Juni 2022 pada RA se-Kecematan Ngaliyan.

Menurutnya BOP merupakan wujud perhatian dan tanggung jawab pemerintah akan keberlangsungan dunia pendidikan di RA. “Bantuan bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), sehingga penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan, tidak boleh dipergunakan seenaknya sendiri. Satu rupiah saja digunakan, harus tetap didukung dengan administrasi pendukungnya,” terangnya.

Lebih lanjut, Moch. Fatkhuronji menyampaikan, monitoring dilakukan bukan dengan tujuan mencari kesalahan, tetapi merupakan upaya dalam rangka menjaga akuntabilitas penggunaan BOP.

Tak lupa dalam kegiatan tersebut, ia memberikan apresiasi kepada Mafruhatun yang telah turut serta melakukan pendampingan kepada madrasah binaannya.

Di akhir kegiatan, Mafruhatun dan peserta kegiatan berucap syukur kegiatan berjalan dengan lancar.(Atun/NBA/bd)