Pengawas Madrasah Lakukan Pendampingan Persiapan Akreditasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, MI Nurul Islam Ngaliyan merupakan salah satu madrasah terakreditasi A (unggul) dengan nilai 91 oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BASN) pada akhir tahun 2021. Akreditasi ini akan berakhir pada akhir tahun 2022, oleh karenanya dalam rangka proses pengajuan perpanjangan status akreditasi, madrasah menggelar rapat koordinasi (rakor) pada Rabu (26/7/2022).

Rakor yang berlangsung di kampus setempat yang beralamat di Jalan Honggowongso Nomor 1 Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, menghadirkan tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan, serta pengawas madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mafruhatun.

Mafruhatun mengapresiasi gelaran rakor dalam rangka mempersikan diri menghadapi pelaksanaan asesmen kecukupan yang akan berlangsung 3 hari mendatang (27-29 Juli 2022). “Madrasah telah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik, tetapi terkadang yang dilupakan adalah pendokumentasiannya, padahal tim penilai tidak hanya menilai fisiknya saja, tetapi juga administrasi pendukungnya. Oleh karena itu, kami imbau kepada Kepala Madrasah bersama jajarannya, untuk mempersiapkan betul dokumen-dokumen yang diperlukan, jangan sampai ada yang terlewatkan,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau agar nilai akreditasi yang diperoleh, dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Jadwal visitasi akreditasi tanggal 3-31 Agustus 2022, masih cukup waktu jika kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Selain itu, Mafruhatun juga menyampaikan 3 butir penting Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, yaitu :

Pertama, butir kerja inti yang meliputi mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah/madrasah. kerja kekhususan dan pemenuhan relatif.

Kedua, butir kekhusuan meliputi mutu guru.

Ketiga, butir pemenuhan relatif.

Tak lupa ia pun memberikan tips hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan madrasah dalam menghadapi penilaian/visitasi.

“Semoga semua berjalan dengan lancar, dan memberikan hasil yang terbaik sebagaimana yang kita harapkan bersama. Tetap semangat, lakukan yang terbaik, dan jangan lupa berdoa,” tandasnya.(Atun/NBA/bd)