Pengawas Madrasah Persiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Mafruhatun Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang memberikan pembinaan kepada guru Raudhatul Athfal (RA) se-Kecamatan Ngaliyan, Kamis (21/7/2022) dalam kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Lembaga RA Kecamatan Ngaliyan.

Kegiatan tersebut digelar secara tatap muka langsung di RA Al Hidayah IAIN Walisongo, yang beralamat di Jalan Walisongo Nomor 3-5 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Dalam pembinaannya Mafruhatun menyampaikan, workshop diselenggarakan dalam rangka Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari hasil pelatihan IKM yang diikuti oleh pengawas madrasah yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Hotel Plaza Semarang.

Ia pun menuturkan kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap dari mulai jenjang RA hingga Madrasah Aliyah (MA). “Selepas mengikuti IKM, kami para pengawas madrasah diimbau untuk mensosialisasikannya kepada guru pada madasah di wilayah binaan masing-masing. Hari ini kami mulai dari RA terlebih dahulu,” tuturnya.

“Workshop IKM merupakan upaya pengenalan kepada guru madrasah, dalam rangka mempersiapkan diri untuk bisa mengimplementasikannya pada tahun ajaran yang akan datang,” sambungnya.

“Berbeda dengan madrasah yang menjadi piloting, yaitu yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Mafruhatun menjelaskan mengenai pedoman IKM pada madrasah berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347/2022.

Ia berharap melalui kegiatan ini, akan dapat mengoptimalkan persiapan madrasah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2023/2024.(Atun/NBA/rf)