Pengawas PAI Sosok Mengayomi dan Mendampingi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang, Faojin, Senin (12/06/2023) melakukan supervisi dan monitoring atas kinerja GPAI binaannya yang bertugas di SDN Pedurungan Kidul 04.

Dalam kegiatan tersebut, Faojin berfokus pada hasil nilai ujian PAI siswa, baik pada uji tulis maupun praktik. “Kami melakukan pengecekan semua nilai-nilai murni maupun olahan,“ tuturnya.

“Hal itu bertujuan untuk melihat ketercapaian hasil sebenarnya dari kemampuan peserta didik dalam bidang PAI,” imbuhnya.

Ada tiga poin atau aspek penilaian yang turut dipertanyakan secara detail oleh Faojin, dan dapat dijelaskan dengan gamblang oleh Rahmat Sarjito selaku GPAI setempat.

Hirnowo selaku Kepala Sekolah SDN Pedurungan Kidul 04 turut mendampingi Rahmat Sarjito, dan memanfaatkan momentum tersebut untuk berbagi wawasan dan sharing pendapat tentang program dan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang sudah dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya seperti, kegiatan salat dhuhur berjamaah, pembiasaan salat dhuha, dan kegiatan BTQ.

Beberapa hal penting juga disampaikan oleh Faojin saat pembinaan diantaranya, penyesuaian pembelajaran dengan karakter siswa. “Buatlah pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik, apakah lebih ke arah visual, audio, audio-visual, atau kinestetik,” ujarnya.

“Buatlah pembiasaan-pembiasaan yang bisa mewujudkan keberhasilan capaian pembelajaran seperti, melafalkan bacaan surah Ad-dhuha dan As-syam pada saat pelaksanaan salat dhuha, melafalkan dengan keras bacaan salat dhuhur saat kegiatan salat dhuhur berjamaah, dengan begitu anak-anak akan terbiasa dan lama-kelamaan akan hafal, dan bisa dengan sendirinya,” sambungnya.

Nasihat lain yang disampaikannya, GPAI diimbau melandasi KBM dengan keikhlasan. “Mumpung masih jadi guru dan mumpung masih punya murid, maka ajarkanlah anak-anak ilmu agama yang lengkap, sehingga bisa menjadi bekal mereka kelak saat dewasa. Dan yakinlah bahwa ilmu yang kita ajarkan itu akan menjadi amal jariyah kita, maka lakukanlah tugas ini dengan ikhlas dan penuh dedikasi,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Rahmat Sarjito mengungkapkan, Faojin adalah sosok Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang yang mengayomi, mendampingi dengan sepenuh hati di dalam melaksanakan pembinaan dan pendampingan. “ Beliua tidak pernah menyalahkan atau memberi sanksi kepada GPAI binaannya, tetapi selalu memberikan arahan dan solusi yang terbaik, guna peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam.(Rahmat Sarjito/Faojin/NBA/bd)