Penjaringan dan Penyuluhan Kesehatan Di MTs N 1 Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Kamis, 9 Februari 2023 MTs N 1 Pekalongan kedatangan tamu istimewa dari Puskesmas I kedungwuni. Bukan tidak ada maksud apa-apa, kehadiran petugas kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan Penjaringan (Screening) kesehatan semua siswa putri kelas 7 (pemeriksaan HB), kegiatan program UKS tentang Screening perilaku merokok di sekolah di wilayah puskemas Kedungwuni 1, penyuluhan tentang merokok dan Reproduksi , kegiatan Survai makanan sehat di kantin dan kegiatan penyerahan obat tambah darah (TTD) dari puskesmas kedungwuni ke MTs N 1 Pekalongan. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00. ini dilakukan guna mengetahui masalah kesehatan dini pada siswa.

Pembina UKS MTs N 1 Pekalongan Faizah, S.Pd. menerangkan penjaringan kesehatan anak sekolah (Screening) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik, maupun dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan di madrasah.
Untuk kegiatan penjaringan kesehatan ini yang pertama pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan HB (hemoglobin) pada anak putri kelas 7 sejumlah 100 siswi, dianjurkan bagi yang HB nya dibawah 10 untuk minum tablet tambah darah dan makan makanan yang bergizi.

Kegiatan kedua adalah kegiatan program UKS tentang Screening perilaku merokok. Kegiatan screening perilaku merokok ini dilakukan khusus anak putra sejumlah 40 siswa dari kelas 7,8 dan 9.

Kegiatan ketiga yaitu penyuluhan tentang merokok dan Reproduksi. Penyuluhan tentang merokok dan reproduksi dari puskesmas Kedungwuni 1 ini di ikuti 50 siswa terdiri 40 siswa putra dan 10 dari siswa putri.

Kegiatan keempat yakni kegiatan Survai makanan sehat di kantin. Petugas dari puskesmas Kedungwuni 1 langsung mendatangi kantin untuk pemeriksaan makanan dan minuman yang disediakan di kantin madrasah.

Disamping menerima Penjaringan Kesehatan, MTs N 1 Pekalongan juga menerima Tablet Tambah Darah (TTD) dari Puskesmas Kedungwuni 1 untuk seluruh siswi putri dalam rangka untuk menekan penyakit anemia atau penyakit kekurangan kadar hemoglobin (Hb) atau kekurangan butir darah merah dalam tubuh.

Salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Kedungwuni 1 mengatakan Tablet Tambah Darah (TTD) dibagaikan secara gratis kepada seluruh siswi putri dalam rangka menekan dan mencegah penyakit anemia yang sering dialami dan dikeluhkan siswa perempuan, seperti akibat datang bulan sehingga sering merasa lemas, sakit kepala ringan, cepat lelah, detak jantung yang tidak teratur bahkan ada yang sampai pingsan jika daya tahan tubuh lemah. ” Dianjurkan setiap bulan sekali di hari selasa pemberian TTD Ke siswa putri untuk diminum bersama,” ucapnya.

Kepala MTs N 1 Pekalongan Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed. berterima kasih kepada Tenaga Kesehatan Puskesmas Kedungwuni 1 yang melaksanakan penjaringan kesehatan, dan membagikan Tablet Tambah darah (TTD), untuk seluruh siswi putri.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Tenaga Kesehatan Puskesmas Kedungwuni 1, semoga dengan penjaringan kesehatan, pembagian TTD, para siswa dan siswi dalam keadaan sehat walafiat,” pungkasnya. (IY, US/MTb/bd)