Pentasharufan Zakat PNS Kemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui UPZ sebagai Pengelola Zakat PNS di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang bekerjasama dengan BAZNAS Temanggung melaksanakan pentasyarufan zakat PNS kepada PPNPN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung serta Bina Lingkungan di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kamis (13/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakankemenag, Kasubbag TU, Kasi, Kepala KUA, Kepala MAN, MTsN , MIN dan Ketua Baznas Temanggung.

Diawali sambutannya  Penyelenggara Zakat Wakaf yaitu Hj. Maria Ulfa melaporkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang mempunyai ASN berjumlah 487 terdiri dari PNS dan PPPK yang berada di wilayah Kankemenag Kab. Temanggung semuanya telah menyumbangkan zakat yang rutin tiap bulan telah disetorkan ke BAZNAS Kab. Temanggung.

Dari zakat tersebut telah banyak membantu terutama dalam mengangkat siswa yang berprestasi dan membantu penyuluh untuk bisa melanjutkan pendidikannya dalam membangun insan yang berahklak dan bermartabat.

Sementara sambutan ketua BAZNAS H. Mansyur Asnawi, menyampaikan pentasyarufan dari BAZNAS di Tahun 2023 ini dengan program jemput bola agar Mudtahiq tidak perlu susah payah untuk datang ke Kantor Baznas untuk meringankan biaya transportasinya.

“Program tersebut tidak lain juga merupakan peninjauan langsung kekuatan ekonomi para penerima zakat tersebut. Selain itu untuk program siswa berprestasi yang akan diberikan bantuan syarat utamanya adalah bersedia/tinggal di pondok pesantren agar BAZNAS sendiri bisa memantau perkembangan siswa tersebut tidak hanya dalam bidang studinya tapi bisa melihat perilaku siswa dalam ketaatan beribadahnya,“ ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung H. Ahmad Muhdzir, sekaligus menutup kegiatan pentasyarufan ini dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya BAZNAS dalam mengelola dan zakat khususnya di wilayah pemerintahan Kabupaten Temanggung dalam rangka membangun sinergitas antara Baznas dan Kantor Kementerian Agama.

Dalam membangun sinergitas tersebut perlunya kekuatan dan peningkatan dukungan dari ASN itu sendiri dalam membantu orang-orang yang mempunyai hak penerima zakat tersebut. “Semoga ditahun yang akan datang para ASN benar-benar tergugah dengan keihklasanya bersedia memberikan sumbangannya dalam membangun program dan sinergitas dengan BAZNAS untuk mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan BAZNAS didunia pendidikan khususnya pendidikan yang ada di madrasah-madrasah,” pungkasnya.(sr/rf)