Pentasyarupan Zakat Penjaga KUA di Barengi Ngaji Khotmil Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Banyak cara dilakukan orang untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, ada yang dengan cara pengajian, membersihkan masjid/musholla, mencuci karpet Masjid, mengadakan karnafal dan lain – lain. Kankemenag Kab, Grobogan bergerak menyambut datangnya bulan Ramadhan 1444 H dengan Acara Khotmil Qur’an dilanjutkan dengan buka bersama dengan penjaga KUA se Kab. Grobogan, Kamis, (06/042023) bertempat di Aula Kankemenag Kab. Grobogan.

Kepala Kemenag Kab.Grobogan, Fahrur Rozi menyampaikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, setiap tahun Kantor Kemenag Kab.Grobogan mentasyarupkan zakat. Dan untuk tahun 2023 pentasyarupan difokuskan bagi mustahik yang berada di lingkungan Kantor Kemenag maupun lingkungan para ASN Kemenag.

“Pentasyarupan dilingkungan Kantor Kemenag maupun dilingkungan para ASN terus  dilaksanakan. Dan meskipun nilai uang zakat yang diberikan kepada mustahik tidak begitu besar, minimal bisa membantu mengurangi kesulitan mereka. Untuk uang zakat sendiri dari pemotongan gaji maupun tunjangan ASN Kemenag setiap bulan sebesar 2,5 persen,” kata Fahrur Rozi.

Lebih lanjut, Kepala Kemenag mengatakan bahwa kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin, beribu keutamaan ditawarkan di bulan Ramadhan. Dan salah satu tupoksi Kemenag adalah sebagai Penyelenggara Zakat Wakaf yang bertugas untuk mentasyarupkan zakat ASN dibulan Ramadhan. Karena dibulan Ramadhan banyak pahala diobral oleh Allah SWT, bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.

“Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Seperti pentasyarupan zakat bagi mustahik disekitar lingkungan Kantor Kemenag Kab.Grobogan,” ungkapnya.(bd/Sua)