Penutupan PDWK Penggerak Penguatan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman menghadiri kegiatan Penutupan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, bertempat di MAN Salatiga, Sabtu, (08/04). Hadir dalam penutupan, widyaiswara BDK Semarang, Drs H Solihin MSc bersama dengan Hj. Nursangadah, S.Pd.I., M.Si mewakili Kepala BDK Semarang.

Kegiatan yang terselenggara dari tanggal 03 s.d 08 April 2023 diikuti oleh 35 ASN Kankemenag Kota Salatiga mulai dari unsur guru PAI, guru madrasah, dan pegawai Kankemenag.

Dalam penutupan, Taufiq memberikan materi tentang Implementasi dan Penguatan Moderasi Beragama. Beliau berharap semua peserta dapat lebih memahami wawasan tentang moderasi beragama baik secara konseptual maupun secara implementatif di tengah masyarakat yang majemuk.

Lebih lanjut Taufiq menyampaikan bahwa yang dimoderasi bukan agamanya akan tetapi cara beragama. Ada 9 nilai Moderasi Beragama yang harus dipahami bersama yaitu (1) Kemanusiaan, (2) Kemaslahatan Umum, (3) Adil, (4) Berimbang, (5) Taat Konstitusi, (6) Komitmen Kebangsaan, (7) Toleransi, (8) Anti Kekerasan, dan (9) Penghormatan kepada Tradisi. (Humas/Sua)