Penyematan Atribut  Tandai Pembukaan Matsama MTsN 4 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kepala MTs Negeri 4 Banjarnegara membuka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama)  pada hari Senin, (18/7). Pembukaan Matsama dilakukan di Halaman madrasah usai upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru serta karyawan. Pelaksanaan upacara pembukaan berlangsung lancar dan tertib.

Dalam sambutannya saat pembukaan, kepala madrasah berharap agar pelaksanaan Matsama bisa diikuti oleh semua siswa baru dengan  penuh kedisiplinan, lancar, dan tertib. Tak lupa kepala madrasah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan masa ta’aruf siswa ini.

Matsama atau masa ta’aruf siswa madrasah adalah salah satu kegiatan di awal tahun pelajaran yang wajib diikuti oleh semua siswa baru, sebagai pengenalan lingkungan baru kepada siswa baru, sebelum mengikuti pembelajaran di kelas.

“Siswa perlu dikenalkan dengan lingkungan barunya agar tidak kaget dan bisa menyesuaikan diri di madrasah yang baru. Siswa perlu mengenal teman-teman barunya, guru-gurunya, dan sarana prasarana yang ada di madrasah,” jelas Sidik Wibowo Akhmad, kepala madrasah.

Kegiatan Matsama direncanakan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari hari Senin hingga Rabu mendatang, 18-20 Juli 2022.  Adapun jadwal kegiatan Matsama dimulai pukul 07.00-12.30 WIB. Rincian kegiatan terdiri dari materi kemadrasahan dan karakter moderasi beragama. Materi kemadrasahan  meliputi sejarah madrasah, motivasi dan strategi belajar, PBB, pendidik dan tenaga kependidikan, ekstrakurikuler, Kegiatan Belajar Mengajar, komitmen kebangsaan, visi rahmatan Lil Alamin, dan apresiasi seni.

“ Tiap hari sebelum kegiatan masa ta’aruf dimulai, dilakukan apel pagi, dan diakhiri dengan sholat jama’ah dhuhur. Pelaksanaan kegiatan ini dibantu pengurus OSIS,” ujar Sarif Hikmayanto selaku ketua panitia.

“Semoga acara Matsama sampai tiga hari ke depan berjalan lancar sampai saat penutupan nanti,” harap Sarif Hikmayanto. (Khm/ak/rf)