Penyuluh Agama Islam KUA Secang Semarakkan Festival Hari Santri Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (BADKO LPQ), dan Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah (FKDT) bekerjasama adakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 dengan gelar Festival Hari Santri Nasional berupa lomba antar LPQ Dan MADIN se-Kecamatan Secang pada hari Minggu, (16/10/2022) di Aula Kecamatan Secang Magelang.

Camat Secang Khoirul Anwar, dalam sambutan sekaligus membuka rangkaian kegiatan lomba memberikan apresiasi dan  menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan lomba serta Rencana Pawai Taaruf dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Secang. “Ajang lomba sebagai sarana mencetak generasi santri berprestasi sehingga ke depan dapat muncul bibit-bibit  prestasi dalam segi agama di kancah Kabupaten dan dapat memberikan nama harum bagi Kecamatan Secang, Begitu juga kami sampaikan apresiasi terhadap para guru di TPQ dan Madin Secang atas dedikasinya mengajar anak-anak mengaji dengan ikhlas,” ungkapnya.

Hadir pula dalam pembukaan tersebut Kapolsek Secang Rinto Sutopo, Danramil 05 Secang Kapten Arm. Jumianto, didampingi Penyuluh Agama Islam Fungsional / PAIF KUA kecamatan Secang Huril Aini  dan para penyuluh agama islam non PNS Ahmad Musyafa, Nurul Yakin, Syamsudin, Supri Riyadi, Muhammad Muaffan, Muhsin Achmad, Subhan Asri, dan Setya Anisa.

Huril Aini, Penyuluh Agama Islam Fungsional / PAIF KUA kecamatan Secang sebagai koordinator panitia penyelenggara menyampaikan tujuan kegiatan tersebut. “kegiatan ini yang pertama dilaksanakan di KUA, Badko TPQ dan Madin dan  tujuan HSN ini adalah untuk syiar Islam dan menumbuhkan semangat fastabiqulkhoirot serta semangat mengaji,” ungkapnya.

Peringatan HSN tahun ini mengusung tema kegiatan yaitu “Menggelorakan kembali Syiar Islam dalam Mengenang Perjuangan Para Santri”. Ada berbagai  lomba antar LPQ Dan MADIN se-Kecamatan Secang. Mata lomba berupa lomba Pildacil (pemilihan Da’i Cilik), Mewarnai, Kaligrafi Islam, Tahfidz/Hafalan juz Amma, Tartil/membaca Al Quran, Adzan dan doa setelah adzan. Kegiatan lomba diselenggarakan di Aula kecamatan Secang dan di TPQ Baitul Huda Sandon.

Antusiasme masyarakat terbukti dalam jumlah peserta yang mengikuti ajang lomba tersebut, terdapat 530 peserta. Rencana rangkaian kegiatan akan dilanjutkan minggu depan tepatnya hari Minggu tanggal 23 Oktober 2022 dengan acara Kirab atau pawai dengan peserta LPQ Dan MADIN se-Kecamatan Secang.(FS/Sua)