Penyuluh Agama Potong Hewan Qurban di Kedungsuren

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kegiatan pemotongan hewan qurban oleh Pokja Penyuluh Agama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal disambut antusias warga Dukuh Glandang Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan, yang sejak pagi warga tampak besemangat menyambut rombongan Penyuluh datang ke lokasi. Acara yang berlangsung pagi hingga sore ini sukses digelar berkat kerjasama semua pihak terkait, Senin (11/7).

Kegiatan diawali dengan penyembelihan hewan qurban yakni 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing, dilanjutkan pencacahan daging qurban dan pendistribusian ke masing-masing warga. Seperti dikatakan Samsul Qomar, ketua panitia, kegiatan Pokja Penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal ini adalah yang ke-8 kalinya. Dirinya sangat optimis bahwa kegiatan ini akan berlangsung terus setiap tahun.

“Pada tahun ini kegiatan kami dilaksanakan di Desa Kedungsuren dengan menyembelih 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Hewan qurban ini berasal dari pihak-pihak yang mendukung program Pokja Penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal,” jelas Samsul.

Pada siang harinya warga berduyun-duyun menghadiri pengajian sebagai rangkaian kegiatan pentasarufan daging qurban yang berpusat di Musholla Al Huda dengan tema ‘Semangat Berqurban Semangat Berbagi kepada Sesama’. Dalam pengajian tersebut hadir Kepala Kantor Agama Kabupaten Kendal didampingi para pejabat struktural, jajaran Forkopimcam, kepala desa Kedungsuren dan stakeholder kegiatan. 

Dalam sambutannya Mahrus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menyampaikan kegiatan qurban yang diinisiasi Pokja Penyuluh Agama ini harus terus didukung. Dan bagi masyarakat yang saat ini menerima pentasyarufan daging qurban semoga tahun depan memperoleh rezeki sehingga terpanggil dan mampu melaksanakan qurban secara mandiri.

“Para penyuluh ini adalah  sebagai da’i, mereka pasukan terdepan Kementerian Agama. Mereka yang paling tahu kondisi masyarakat di lapangan, untuk itu tugas-tugas mulia mereka harus kita dukung. Kami mohon kepada hadirin semoga para penyuluh dan kami semua selaku aparat negara didoakan tetap diberi kesehatan dan panjang umur agar mampu melaksanakan tugas dengan lebih baik,” ujar Mahrus.

Penyerahan daging qurban secara simbolis diwakili 10 orang, yang diserahkan oleh pejabat Kantor Kementerian Agama dan beberapa stakeholder. Selanjutnya acara ditutup dengan tausiyah dan do’a.

Usai acara, panitia berinisiatif mengajak semua hadirin berinfak untuk musholla yang sedang dibangun. Dari hasil infaq terkumpul uang lebih dari 2 juta yang diserahkan langsung kepada takmir musholla. (fiq/bel)