Perdana Manasik Haji Sepanjang Tahun, Harapkan Jemaah Lebih Mandiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Untuk pertama kalinya, Kementrian Agama Kabupaten Brebes menggelar manasik haji sepanjang tahun secara terbatas. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PHU lantai 2 Komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Kamis, (24/08/2023) pagi dan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuoaten Brebes, Mad Soleh.

Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Brebes menjelaskan, “Manasik haji sepanjang tahun merupakan persiapan sedini mungkin kepada calon jamaah haji untuk keberangkatan 1445 H berdasarkan estimasi calon jamaah haji. Sehingga lebih bersifat seperti timing alarm agar para jamaah dapat memahami apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat haji, berharap nantinya jamaah haji lebh mandiri,” harapnya.

“Biar lebih matang, artinya jamaah calon haji bisa tahu lebih awal untuk mempersiapkan diri lebih awal dan cepat. Sehingga, diharapkan kepada jamaah dapat melaksanakan ibadah lebih sempurna karena persiapan-persiapan yang lebih matang,” katanya.

Dijelaskan Mad Soleh, sekitar 900-1200 jemaah setiap tahunya. Pada saat ini  yang diundang dalam kegiatan manasik hai yang pertama sebanyak 100 orang kali ini. Jumlah tersebut merupakan sebagian perwakilan dari jamaah yang porsi keberangkatannya di tahun 2024.

Selama mengikuti manasik haji sepanjang tahun, para jamaah akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan seputar haji. Salah satunya tentang kesehatan.

Menurut Akrom selaku Kasi PHU, pada musim haji tahun ini, jumlah jamaah lansia yang meninggal dunia secara skala nasional terhitung lumayan banyak. Dari kasus tersebut, Pemerintah Pusat akan melakukan kajian secara mendalam, apakah pelunasan biaya haji yang harus dilakukan terlebih dulu atau pemeriksaan kesehatan?

“Singkat kata apakah jamaah haji lolos kesehatan dulu, kemudian baru melunasi atau bagaimana? Soalnya jumlah jamaah lansia yang meninggal dunia juga cukup banyak. Makanya dengan kegiatan seperti ini, jauh-jauh hari sudah kita wanti-wanti,” terangnya.

Sementara itu, Kasi PHU berharap agar para jamaah bisa mengikuti  Manasik sepanjang tahun 2023-2024 dengan seksama. Selain kaya pengetahuan seputar haji, para jamaah calon haji juga akan memahami segala sesuatu yang wajib atau dilarang saat berangkat menunaikan rukun islam kelima ini.

“Kalau bisa tolong menyampaikan ke calon jamaah haji yang lain. Karena  ongkos naik haji sebagian merasa lumayan tinggi, butuh persiapan dan stamina kesehatan yang jug jauh lebih penting. Karena bagaimanapun juga haji berhubungan dengan kekuatan fisik,” pungkasnya.(hid/Sua).