Perdana!!! Pawai Ogoh-ogoh Di Kota Surakarta Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru 1945 Saka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (bimas hindu) – Untuk pertama kalinya pawai ogoh-ogoh dilaksanakan di Surakarta tepatnya di Balai Kota Surakarta pada Sabtu 18 Maret 2023. Turut hadir Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Dirjen Bimas Hindu diwakili Direktur Urusan Agama, Pembimas Hindu Provinsi Jawa Tengah dan tokoh umat Hindu.

Pasca Audiensi jajaran PHDI Kota Surakarta bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, mendapatkan respon manis, Mas Wali Gibran menghendaki diadakan pawai ogoh-ogoh di Kota Surakarta yang bertajuk “Kirab Seni Budaya dan Ogoh-ogoh”

Dengan antusias yang luar biasa Pawai ogoh-ogoh diikuti oleh Pemuda Hindu Klaten, Gunungkidul, Boyolali, Surakarta, STHD Klaten serta KMHDI Yogyakarta.

Tak hanya itu, kebijakan Mas Wali juga mendapat respon apik dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba dengan datang langsung dalam kegiatan kirab budaya
dan mengirim kelompok Ganjur dari Jembrana.

Dalam sambutannya, Ketua PHDI Kota Surakarta Ida Bagus Suarnawa mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Mas Wali Gibran atas izin dan juga memfasilitasi kegiatan Kirab Budaya dan Ogoh-ogoh tersebut, juga kepada seluruh elemen lintas agama yang turut mendukung jalannya kegiatan, ini menunjukkan Kota Surakarta sangat menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi beragama. …/bd