Peringatan Maulid Nabi SAW 1445 H SDN Kalicari 01

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Selasa (26/09/2023), SDN Kalicari 01 Kec. Pedurungan Kota Semarang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di halaman sekolah.

Kegiatan ini digelar dan dilaksanakan atas kerjasama antara sekolah dengan guru PPL PPG Prajab UPGRIS.

Kepala SDN Kalicari 01, Ibu Eni Murdhiati, dalam sambutannya mengajak peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan dengan khidmat. “Anak-anak, mari kita ikuti acara peringatan Maulid Nabi dengan khidmat, agar memperoleh pahala dan syafa’at Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Di tempat yang berbeda, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) setempat, Ibu Lia Kurniawati dan Ibu Uum Umami menjelaskan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang rutin dilakukan setiap tahun di SDN Kalicari 01.

“Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu upaya sekolah untuk melahirkan generasi islami, karena melalui kegiatan ini, kami berharap anak-anak bisa meneladani akhlak Rasulullah SAW, yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ada perubahan sikap dan karakter yang lebih baik dari peserta didik,” ujar Ibu Lia.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut, setiap siswa membawa nasi bungkus daun dari rumah masing-masing, dan dimakan bersama selepas acara.

Selain itu, dalam peringatan Maulid Nabi 1445 H di SDN Kalicari 01, ada pula berbagai macam pentas seni islami yang ditampikkan oleh para siswa. “Ada beberapa pentas seni yang kami tampilkan, diantaranya pembacaan ayat suci Alquran oleh Dafa Arya Kurniawan siswa kelas 4A, pembacaan ad-diba’i maulid dari Tim Rebana, cerita islami yang dibawakan oleh ananda Nabilah Abilia Zahra dan Maulana Shonhaji Muhibbi siswa kelas 4B, penampilan Mihammad Fadil siswa kelas 4A sebagai dai cilik, dan duet religi antara Jihantha Azka Wijaya dan Bagas Saputra,” terang Lia.

Sebagai penutup, acara diakhiri dengan doa yang dipandu oleh Bapak Kusen, dan penampilan hadroh anak-anak Tim Rebana SDN Kalicari 01.

Dalam kesempatan terpisah, Pengawas PAI Kemenag Kota Semarang, H.M. Faojin, memberikan apresiasi atas kreativitas SDN Kalicari 01 dalam memperingati Maulid Nabi SAW 1445 H. “Semoga banyak makna yang didapatkan dari peringatan Maulid Nabi SAW tahun ini,” harapnya.(Faojin/NBA/bd)