Peringati Hari Santri 2023, UIN Salatiga Gelar Expo Kemandirian Pesantren

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Salatiga (Humas) – Kepala Kankemenag Kota Salatiga menghadiri acara Seminar Nasional dalam rangka Peringatan Hari Santri dan Expo Kemandirian Pesantren Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga bersama Pesantren Mitra Penerima Bantuan Dana Inkubasi Pondok Pesantren bertempat di Auditorium Prof. Dr Achmadi UIN Salatiga pada Rabu (18/10/2023).

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Prov Jateng Must’ain Ahmad, PJ Wali Kota Salatiga Sinung N Rachmadi, Rektor UIN Prof Zakiyuddin, Sekda Kota Salatiga Wuri Pudjiastuti, Forkopimda, Kakankemenag Kota Magelang, Kakankemenag Kab Semarang, Kakankemenag Boyolali, Kakankemenag Kab Magelang, Kakankemenag Purworejo, dan peserta kegiatan yang berasal dari 50 Pondok pesantren dari enam daerah yang tergabung dalam Expo di UIN Salatiga tersebut.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Prov Jateng, menyampaikan sejarah dan latar belakang Hari Santri sampai pada akhirnya ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 pada 15 Oktober 2015. Selanjutnya disampaikan bahwa Kemandirian Pesantren menjadi skala prioritas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menag, Yaqut Cholil Qoumas dimana pesantren harus memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan dalam menopang 3 fungsi pesantren, yaitu pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Upaya menjadikan pontren naik tingkat menjadi Dirjen Pesantren ini juga telah dilaksanakan dan sedang menyelesaikan dokumen peningkatan status .

“Ini bukan hanya romantika masa lalu, bukan nostalgia, tetapi jawaban ke depan model pendidikan yang ideal dalam konteks kekinian. Mari sama-sama kita membangun optimisme, kami mohon dengan hormat dukungan cendekiawan PTKIN, dan Pemkot Kab/Ko untuk bisa mendukung penguatan kemandirian pesantren,” ajak Kakanwil.

Pj Wali Kota Salatiga, Sinung N Rachmadi mengapresiasi kegiatan dan siap mendukung program kemandirian pesantren di Kota Salatiga. Sinung berharap selurh rangkaian peringatan Hari Santri Nasional seperti Seminar Religi, Konser Musik Religi, Pertunjukan Kesenian, Santri Got Talent dan lain-lain berjalan dengan lancar. (YF/HA/bel)