081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Perkuat Hafalan, Tim Tahfidz MAN 2 Rembang Gelar Tasmi’ Kenaikan Juz

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang — MAN 2 Rembang mempunyai kelas unggulan yang merupakan kelas tahfidz di setiap angkatan. Bimbingan intensif dilakukan baik saat jam pembelajaran maupun di luar jam berupa setoran hafalan.

Sebagai evaluasi pembelajaran, tim tahfidz menggelar kegiatan “Tasmi’ Kenaikan Juz”. Bertempat di mushola Mahfudzul Jabbar diikuti oleh peserta didik kelas tahfidz yaitu X A, XI IPA 1, dan XII IPA 1. Tasmi ini merupakan kegiatan memperdengarkan hafalan Al-Qur’an peserta didik di hadapan pembimbing maupun peserta didik lain yang nantinya akan menyimak dan mengoreksi jika ada bacaan yang salah.

“Kegiatan ini efektif untuk memperkuat hafalan dan menjadi tolok ukur sejauh mana kemampuannya setelah selama ini menyetorkan hafalan. Melalui tasmi’ ini juga menjadi syarat untuk naik ke juz selanjutnya dan melatih mental saat didengarkan oleh banyak orang, ” kata Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi saat diwawancara Selasa (13/12/2022).

Afidhatul Ummah, salah satu pembimbing tahfidz menjelaskan tasmi dilakukan untuk mengevaluasi bimbingan tahfidz selama ini. Sama seperti kegiatan penilaian akhir semester di pelajaran. “Jadi ini juga menjadi semacam karantina bagi siswa program tahfidz yang dimulai sejak hari Jum’at sampai Sabtu (17/12/2022). Puncaknya nanti akan diadakan Uji Kompetensi Tahfidz yang rencana diselenggarakan pada tanggal 19-20 Desember mendatang,” ujarnya.

Pada karantina tasmi’ ini, peserta didik melakukan nderes, muraja’ah dan simaan setiap hari sampai sebelum ujian dilangsungkan. Uji Kompetensi Tahfidz sendiri yang sebelumnya dilakukan setahun satu kali, sekarang diadakan tiap semester. — Huda/iq/rf