081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Perkuat Pendidikan di Era Society 5.0, MTsN 1 Pati Teken Dua MoU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – MTsN 1 Pati kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan salah satu perguruan tinggi Islam terkemuka di Jawa Tengah, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, pada Senin (12/1). MoU kali ini dilakukan dengan dua fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan IPTEK.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, dengan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ismail, di gedung Fakultas Sains dan Teknologi. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Sekretaris Program Studi Pendidikan Fisika, dan Ketua Program Studi Kimia.

Ismail, dalam sambutannya, menyatakan bahwa pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan MTsN 1 Pati. Ia pun menyampaikan, kerja sama yang terjalin nantinya tidak hanya sekedar yang tertulis di MoU saja, tetapi dapat dikembangkan terkait dengan hal-hal yang lebih detail.  

Ismail juga menjelaskan pihaknya memiliki tanggung jawab untuk mencapai salah satu misi Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu Implementasi unity of sciences (integrasi atau interkoneksi keilmuan). “Yang ada di kami ada sembilan prodi, bisa diintregasikan atau diinterkoneksikan dengan ilmu keislaman. Hakikatnya adalah ilmu itu satu, yaitu minallah, tidak terkecuali yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi ini, temasuk ketika siswa mts  belajar tentang ilmu Fisika, Kimia, IPA, atau sains tentu kita arahkan memiliki ciri integrasi dengan keislaman,” jelasnya. 

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini berjalan optimal dan diliputi keberkahan. “Mudah-mudahan keterlibatan Fakultas Sains dan Teknologi dalam proses kolaborasi ini nanti betul-betul optimal, berjalan lancar, sukses, dan dalam keberkahan serta ridho Allah Swt.,” imbuh Ismail.

Terkait peluang kerja sama yang diberikan oleh UIN Walisongo Semarang kepada MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengucapkan rasa terima kasih. “Terima kasih kepada UIN Walisongo Semarang yang telah memberi peluang kepada MTsN 1 Pati untuk ngalap barokah di dua fakultas sekaligus,” ujarnya.

Setelah adanya perjanjian kerja sama ini, pihaknya berharap  agar segera ada tindakan nyata dari kedua belah pihak. “Kami berharap, segera ada tindakan nyata dari kedua belah pihak agar dapat mewujudkan visi misi MTsN 1 Pati yang unggul, mendunia, dan akhirnya menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan istiqomah,” pungkas Syafak. (TiM/at/bd)