Pesta Demokrasi MAN 1 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (6/10/2022), MAN 1 Kota Semarang menggelar pesta demokrasi tahunan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode tahun 2022/2023 yang disebut dengan Pemilos.

Pemilos diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO) yang berada dibawah naungan MPK MAN 1 Kota Semarang.

Pemilos yang dilaksanakan di MAN 1 Kota Semarang terdiri dari beberapa tahapan antara lain, pendaftaran, seleksi bakal calon, debat kandidat, masa tenang, dan pemungutan suara.

Pendaftaran peserta Pemilos telah dilaksanakan 20-23 September 2022. “Peserta adalah siswa-siswi kelas 10 dan 11. Waktu pendaftaran dibatasi selama 4 hari yaitu 20-23 September,” tutur Tasimin selaku Kepala MAN 1 Kota Semarang, selepas pengumuman Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih periode 2022/2023.

Ia menerangkan, setelah terdaftar, peserta diseleksi terlebih dahulu untuk menentukan kandidat Ketua dan Wakil Ketua. “Mereka kemudian mengikuti seleksi lanjutan, yang dilaksanakan 24 September, untuk menentukan masuk sebagai calon Ketua atau Wakil Ketua OSIS,” terangnya.

“Seleksi yang dilakukan meliputi administrasi, pengetahuan, dan wawancara. Untuk wawancara dilakukan langsung oleh Tim Kesiswaan MAN 1 Kota Semarang,” imbuhnya.

“Dari seleksi tersebut, diambil 3 pasangan calon (paslon) yang menurut tim seleksi, merekalah yang layak untuk maju ke tahapan selanjutnya,” sambungnya.

3 paslon dimaksud adalah Aqil Syafiq Al Mansur dan Eka Dian Ningrum, Nabila Huwaida Khoiriyah dan Miftahusy Syifa, serta Muhammad Rafli dan Tiara Azalia Syifa.

Tasimin menyampaikan pula jika masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk berkampanye selama kurang lebih 10 hari, 26 September-4 Oktober 2022. “Dalam kampanyenya, mereka memaparkan visi dan misinya kepada seluruh siswa-siswi MAN 1 baik secara offline, dengan memasang baliho dan menempel poster-poster di tiap kelas, maupun online dengan cara mengunggah poster, visi, misi tersebut melalui media sosial seperti, instagram dan whatsApp,” katanya.

“Tepat di tanggal 4 Oktober 2022, paslon diberikan kesempatan untuk saling beradu pendapat tentang visi dan misi mereka, atau lebih dikenal dengan debat kandidat. Pada debat kandidat, Tim Panelis telah menyiapkan 5 pertanyaan yang berisikan permasalahan kekinian yang terjadi di lingkungan madrasah, dan para paslon diberikan kesempatan untuk menjawab dan menyampaikan pandangan-pandangannya. Disinilah mereka diberikan kesempatan untuk saling adu argumen dan kehebatan di depan audien yang terdiri dari 100 perwakilan siswa-siswi MAN 1,” jelas Tasimin.

Lebih lanjut ia menerangkan, 1 hari sesudahnya dilakukanlah masa tenang, dan 1 hari selanjutnya dilakukanlah pemungutan suara. “Puncak pesta demokrasinya adalah hari ini (6/10/2022), karena seluruh siswa-siswi, Bapak/Ibu guru, dan karyawan MAN 1 sejumlah 1300 orang diberikan kesempatan untuk menyalurkan hak suaranya guna memilih paslon favoritnya,” ujarnya.

Dari hasil perhitungan suara, paslon 3 yaitu Muhammad Rafli dan Tiara Azalia Syifa terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS MAN 1 Kota Semarang periode 2022/2023, dengan raihan suara sebanyak 659. Penetapan ini pun melalui perhitungan suara dalam sidang pleno.

Tasimin mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pemilos di MAN 1. “Alhamdulillah pesta demokrasi siswa MAN 1 berjalan dengan tertib, lancar dan sukses. Melalui Pemilos, kami berharap akan lahir calon-calon pemimpin di masa depan,” harapnya.

“Mereka telah belajar berdemokrasi dengan baik, dan hal ini merupakan implementasi dari teori-teori yang mereka pelajari selama ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Rosidi, menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Pemilos yang telah sukses melaksanakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MAN 1 Kota Semarang periode 2022/2023.

Rosidi berharap, praktik penyelenggaraan Pemilos menjadi bekal siswa dalam berdemokrasi sesungguhnya dalam kehidupan bermasyarakat.(Rosidi/NBA/bd)