Petugas Haji Diimbau Jaga Soliditas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menyelenggarakan Pelepasan Petugas Haji Kota Semarang Tahun 1443 H/2022 M, pada Senin (6/6/2022) di aula kantor setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh petugas haji, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam, dan pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Hadir Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang untuk memberikan pembinaan dan pengarahan kepada petugas haji Kota Semarang. Dalam sambutannya, ia menyampaikan peran penting dari petugas haji, selain itu ia juga mengimbau agar petugas haji harus saling bekerja sama.

“Masinng-masing petugas memiliki tugas yang berbeda. Terkait administrasi maka TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) yang memiliki tugas, untuk urusan ibadah TPIHI (Tim Pendamping Ibadah Haji Indonesia) yang memiliki tanggung jawab, dan terkait kesehatan maka menjadi tugas dari TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia),” ujarnya.

“Namun demikian bukan berarti TPHI, TPIHI dan TKHI tidak saling bekerja sama. Justru harus saling mendukung, saling bekerja sama, dan bahu- membahu,” tekannya.

Menurutnya, tugas akan terasa ringan jika dikerjakan secara bersama-sama. Ia menekankan pentingnya membangun kekompakan antar petugas. “Nanti akan ada pula petugas haji dari organisasi, Tim Pemandu Haji Dearah (TKHD), Ketua Regu (Karu), Ketua Rombongan (Karom), dan juga Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Kesemuanya harus solid,” pesannya.

Pesan lain yang ikut disampaikannya kepada petugas haji, imbauan untuk bersabar dalam setiap memberikan pelayanan kepada jamaah haji.(Rus/Dintha/NBA/rf)