Pimpin Pembukaan Matsama, Kapolsek Winong Bangga Terhadap MTsN 1 Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati, Humas — MTsN 1 Pati menggelar upacara pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2023/2024, Senin, (17/7). Upacara diikuti seluruh siswa, guru, dan pegawai. Berlangsung di halaman MTsN 1 Pati, upacara berjalan khidmat.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan upacara pembukaan Matsama kali ini. Pasalnya, yang bertugas sebagai pembina upacara merupakan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Winong, AKP Eko Pujiono. Hal beda lainnya yaitu dilakukan penyambutan Juara 1 Lomba Cerpen Nasional, Keysha Malaeka Putri Widiyantoro dan penyerahan penghargaan kepada para siswa berprestasi. Pembukaan Matsama ditandai dengan penerbangan balon oleh AKP Eko.

“Saya sebagai Kapolsek Winong tentunya merasa terhormat dan bangga diberi kesempatan untuk menjadi pembina upacara di awal kegiatan tahun pelajaran baru ini,” kata AKP Eko saat memberikan amanat.

AKP Eko mengapresiasi prestasi siswa MTsN 1 Pati. Ia menyebutkan setiap siswa memiliki potensi berbeda sehingga dapat berprestasi sesuai bidang masing-masing.

“Untuk adik-adik yang masih kelas tujuh harus bisa mencontoh senior-seniornya dan kakak kelasnya yang telah berprestasi. Jangan mengikuti yang tidak disiplin,” tegasnya.

“Kita harus bangga dengan MTsN 1 Pati yang mempunyai motto Kerren. Ini harus betul-betul ditanamkan dalam jiwa adik-adik, mulai dari kreatif, energik, religius, ramah, edutainment, dan nasionalis,” imbuh AKP Eko.

Melihat prestasi Keysha, AKP Eko menyatakan bangga, pasalnya sebagai anggota Polri dirinya belum tentu memiliki kesempatan bertemu dengan petinggi kepolisian Indonesia tersebut.

“Keysha, menjuarai penulisan cerpen tingkat nasional dan yang bersangkutan dipanggil Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. untuk menerima penghargaan. Saya sendiri yang sebagai anggota Polri tidak pernah dipanggil ataupun bertemu beliau, tapi saudara Keysha ini sudah dipanggil sehingga ini luar biasa,” ungkapnya penuh bangga.

Menurut AKP Eko, Kisah dalam cerpen yang ditulis Keysha dianggap sangat membantu pihak kepolisian dalam memerangi bullying. Pada kesempatan ini ia juga memberikan amanat kepada para siswa akan pentingnya disiplin dalam berlalu lintas.

“Adik-adik merupakan agen perubahan, generasi penerus bangsa yang tentunya harus disiplin dari diri sendiri pada saat di sekolah, di lingkungan, dan di keluarga,” pesannya.

“Di awal tahun pelajaran ini, pihak madrasah sangat luar biasa. Sesuai motto bapak Kepala Madrasah yaitu agar siswa MTsN 1 Pati menjadi siswa yang maju iman islamnya, cerdas, inovatif, dan sehat selamat dunia akhirat,” tambah AKP Eko.

Di akhir amanatnya, AKP Eko mengajak kepada seluruh siswa untuk menyanyikan lagu profesi secara serentak sekaligus menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi MTsN 1 Pati yang lolos dalam KSM, MYRES, dan juara dalam ajang Persimanu 1 Jateng.

Dengan segala hormat, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, memberikan ucapan terima kasih kepada pihak Polsek Winong terutama kepada AKP Eko atas kesediaannya sebagai pembina upacara, memberikan pembinaan sekaligus mengapresiasi prestasi siswanya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak AKP Eko atas kesediaan waktunya. Ini yang kami tunggu-tunggu dan Alhamdulillah hari ini dihadirkan di moment yang sangat istimewa,” ujarnya.

Ke depan Syafak berharap, dapat terjalin kerja sama yang baik antara keduanya dan MTsN 1 Pati dapat menjadi madrasah binaan Polsek Winong di bidang ketertiban dan kedisiplinan. “Insya Allah bisa ya, MTsN 1 Pati menjadi madrasah binaan Polsek Winong,” celetuk Syafak.(TiM/at/Sua)