Polres Pekalongan Kota Tanam Seribu Bibit Pohon di Kawasan Wisata Bahari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN (Humas) – Polres Pekalongan Kota menggelar kegiatan penghijauan dengan menanam seribu bibit pohon bertajuk “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini” di kawasan Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP), Rabu 23 Agustus 2023 pagi. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengembalikan efektivitas lahan agar berfungsi dengan baik dan optimal agar tetap lestari.

Hadir dalam penanaman tersebut unsur Forkompinda, Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Roberto, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, Kajari Pekalongan Ny Anik Anifah, Ketua DPRD Kota Pekalongan M Azmi Basyir, Walikota Pekalongan diwakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sugiyo, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan Kasiman Mahmud Desky,M.Ag, Kepala PPNP.

Penanaman juga diikuti Pejabat Utama Polres, para Kapolsek, Kasat, Kabag, anggota serta warga masyarakat dan unsur-unsur lainnya.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Roberto menyatakan, bahwa kegiatan penanaman seribu bibit pohon tidak hanya dilakukan anggota Polres, tapi juga dilaksanakan secara serentak oleh kepolisian sektor (Polsek) yang tersebar di enam kecamatan wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

“Kegiatan ini dalam rangka peran serta Polri melaksanakan penghijauan utamanya memprioritaskan tanah atau lahan tandus dan perlu adanya penghijauan agar tetap lestari,” kata AKBP A Recky Roberto, di sela-sela menanam bibit pohon di kawasan Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP), Rabu 23 Agustus 2023.

Menurut dia, penghijauan harus dilakukan sejak dini, karena melalui penghijauan dengan menanam bibit pohon ini, alam akan terus terjaga. Terkait bibit pohon yang ditanam, lanjut dia, berbagai macam jenis pohon diantaranya mahoni, bintoro, ketapang, dan mangrove. “Pada prinsipnya, kita Polri mendukung dalam rangka pelestarian alam yang berkelanjutan,” tegasnya.

Kegiatan penanaman seribu bibit pohon ini, kata dia, tidak cukup ditanam, tapi harus terus dirawat dengan baik agar tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, lanjut dia, Polri juga melibatkan TNI dan masyarakat, untuk bersama-sama merawatnya.

“Kegiatan menanam bibit pohon, selain untuk penghijauan, juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia,” pungkasnya.(SM/Kuswandi/fzn/bd)