Tingkatkan Kemandirian Jemaah Haji dengan Manasik Sepanjang Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mengadakan kegiatan bertajuk Manasik Sepanjang Tahun Calon Jemaah Haji Kabupaten Purworejo Estimasi 2024 Angkatan I dan II di aula kemenag setempat pada Rabu dan Kamis (23-24 Agustus 2023). Kasi PHU, H. Herman, S.Pd.I., M.Ag. dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan merupakan perwakilan calon jemaah haji estimasi 2024 sebanyak seratus dua puluh orang yang terbagi menjadi dua angkatan dengan melibatkan pembimbing dari berbagai unsur yaitu Kemenag, Dinas Kesehatan, dan praktisi haji.

Kepala Kankemenag, H. Aziz Muslim, M.Pd.I. hadir untuk membuka secara resmi. Sebelum memberikan sambutan, Aziz Muslim memimpin peserta untuk bertalbiyah. Beliau mengajak seluruh peserta kegiatan untuk memperbanyak rasa syukur karena telah diberi kesempatan menjadi tamu Allah. “Rasa syukur selain dengan meningkatkan ibadah, Bapak Ibu juga wajib mempersiapkan diri sejak sekarang utamanya fisik karena haji merupakan ibadah fisik. Acara ini merupakan bentuk ikhtiar kementerian agama untuk membantu jemaah mempersiapkan haji dengan sebaik-baiknya,” ungkap Aziz Muslim. “Bapak Ibu bisa mengikuti manasik yang diselenggarakan oleh kemenag di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Selain itu ada juga manasik yang diselenggarakan oleh KBIHU. Monggo kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan harapan bisa terwujud kemandirian bagi jemaah haji kita,” sambungnya.

Materi kegiatan di antaranya kebijakan pemerintah Indonesia tentang penyelenggaraan ibadah haji, kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, kebijakan pemerintah terhadap jemaah haji lansia, istitha’ah kesehatan haji, tata kelola pembayaran dan penyembelihan hewan dam, serta praktek manasik umrah dan kemudahan bagi lansia. (sgy/bd)